Beranda Kesehatan Segini Estimasi Biaya Operasi Ambeien di Rumah Sakit.

Segini Estimasi Biaya Operasi Ambeien di Rumah Sakit.

Biaya operasi ambeien beragam, mulai Rp7 jutaan sampai Rp30 jutaan.

Salah satu cara pengobatan untuk penyakit ambeien adalah operasi. Tapi, banyak orang ragu menjalaninya karena khawatir dengan biaya operasi ambeien yang tinggi. 

Nah, berapa sebenarnya dana yang dibutuhkan untuk melakukan operasi ambeien? Coba cek informasinya di bawah ini, ya!

Baca juga: Lengkap! Ini Daftar Biaya Operasi Usus Buntu di Rumah Sakit.

Apa Itu Operasi Ambeien? 

Operasi ambeien adalah prosedur pembedahan yang dilakukan sebagai upaya pengobatan penyakit ambeien. Menurut Healthline, ambeien adalah pembengkakan pembuluh darah yang berada di dalam maupun di luar rektum, yaitu organ tempat mengeluarkan kotoran sisa makanan dari dalam tubuh. 

Sebenarnya, pembengkakan ini bukan kondisi yang berbahaya. Banyak kasus dimana pasien sembuh dengan sendirinya dalam dua minggu tanpa menjalani pengobatan apapun.

Tapi, dalam beberapa kasus, pembengkakan bisa menjadi sangat parah dan menyebabkan ambeien akut. Kalau sudah begini, maka dokter akan menganjurkan pasien untuk dioperasi. 

Kapan Harus Operasi Ambeien? 

Apa sih tanda-tanda bahwa seseorang perlu menjalani operasi ambeien? Biasanya, operasi akan direkomendasikan apabila metode pengobatan lain tidak mempan menyembuhkan ambeien. 

Sebelum operasi, dokter akan mencoba cara penyembuhan lain, misalnya meresepkan obat atau melakukan proses suntik. Selain itu, pasien juga akan diminta untuk melakukan perawatan mandiri di rumah dengan menjaga kebersihan area anus. 

Tapi, kalau ambeien masih tak kunjung sembuh dan rasa sakitnya sampai mengganggu kamu untuk beraktivitas, maka kamu perlu melakukan operasi ambeien. 

Baca juga: Ini Biaya Cek Darah di Rumah Sakit, Puskesmas, dan Klinik.

Jenis-jenis dan Prosedur Operasi Ambeien.

Operasi untuk pengobatan ambeien bisa dilakukan dengan beberapa cara. Setiap jenis operasinya bisa dilakukan dengan prosedur yang berbeda. Dikutip dari Medical News Today, berikut ini jenis-jenis operasi ambeien. 

1. Hemoroidektomi.

Jenis operasi yang satu ini dilakukan untuk mengangkat jaringan ambeien yang menyebabkan pendarahan. Dokter akan membedah anus dan memotong pembengkakan ambeien secara hati-hati. Selama proses ini berlangsung, pasien akan dibius dengan anestesi lokal atau total. 

Untuk operasi dengan metode hemoroidektomi, diperlukan waktu pemulihan selama kurang lebih dua minggu. Tapi, untuk bisa benar-benar beraktivitas kembali secara normal, diperlukan waktu setidaknya enam minggu. 

2. Hemorrhoidopexy.

Jenis yang kedua adalah hemorrhoidopexy. Dokter bedah akan menggunakan alat khusus untuk menjepit benjolan, kemudian memasukkannya kembali ke posisi semula di dinding anus. Hal ini akan mencegah benjolan semakin membengkak, malah akan memperkecil dan menghilangkan benjolan sama sekali. 

Dibandingkan dengan hemoroidektomi, jenis operasi hemorrhoidopexy tidak menimbulkan sakit dan bisa pulih lebih cepat. Tapi, hemorrhoidopexy tidak menyembuhkan ambeien sepenuhnya. Masih ada risiko bahwa benjolan bisa muncul kembali di kemudian hari. 

Baca juga: Biaya Medical Check Up di Rumah Sakit, Puskesmas, dan Prodia.

Kisaran Biaya Operasi Ambeien.

Jenis operasi yang dilakukan akan mempengaruhi biaya yang perlu kamu persiapkan. Berikut ini estimasi biaya operasi ambeien. 

1. Biaya Operasi Ambeien dengan BPJS. 

Berdasarkan Peraturan BPJS Kesehatan Nomor 1 Tahun 2024, operasi ambeien termasuk sebagai salah satu jenis operasi yang bisa ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Selama kamu memenuhi syarat, kamu bisa menjalani operasi ini secara gratis. 

Untuk bisa memakai BPJS, pastikan kepesertaan masih aktif. Selain itu, kamu juga harus mendapat surat rujukan dari Faskes 1 dan surat dari dokter spesialis yang menyatakan bahwa kamu memerlukan operasi. 

Baca juga: Cara Mengaktifkan BPJS Kesehatan yang Nonaktif, Bisa Online!

Kamu bisa datang ke Faskes 1 dan menyampaikan keluhan gejala ambeien yang dirasakan. Faskes 1 akan memberikan rujukan ke rumah sakit yang memiliki dokter spesialis. Kemudian, kamu bisa langsung datang ke rumah sakit rujukan dan konsultasi ke dokter spesialis yang ada. 

Kalau sudah, nantinya dokter akan merekomendasikan operasi. Kamu bisa langsung melakukan proses operasi tanpa perlu melakukan proses administrasi tambahan. 

2. Biaya Operasi Ambeien Tanpa BPJS. 

Kalau tidak punya BPJS, maka kamu harus menyiapkan dana sendiri. Biaya operasi ambeien di setiap rumah sakit berbeda, tergantung jenis operasi yang dilakukan dan lokasi rumah sakit yang didatangi. 

Sebagai acuan, berikut ini informasi harga operasi wasir di beberapa rumah sakit di sekitar Jabodetabek.

Nama Rumah SakitBiaya Operasi Ambeien
Rumah Sakit UkridaRp7.200.000
SamMarie WijayaRp21.370.000
Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka PutihRp14.200.000
Rumah Sakit Ananda BabelanRp4.462.500
Mayapada Hospital Bogor BMCRp7.070.000
Rumah Sakit Mulia PajajaranRp32.257.000
Rumah Sakit Permata DepokRp14.745.000
Rumah Sakit QADRRp3.589.000

3. Biaya Operasi Ambeien dengan Asuransi Kesehatan. 

Bukan cuma mengandalkan BPJS, kamu pun juga bisa menggunakan asuransi kesehatan untuk menanggung pengobatan operasi ambeien. Asuransi kesehatan akan menanggung biaya operasi, biaya rawat inap, konsultasi dokter, obat-obatan, dan rawat jalan pasca operasi. 

Setiap perusahaan asuransi kesehatan punya kebijakan berbeda mengenai cakupan pertanggungan. Jadi, pastikan untuk menanyakan ke pihak perusahaan asuransi mengenai skema pertanggungan yang diberikan untuk operasi ambeien. 

Baca juga: Asuransi Kesehatan: Jenis, Manfaat, Syarat, dan Tips Memilih.

Akhir Kata.

Nah, itulah kisaran biaya operasi ambeien yang perlu dipersiapkan. Kalau ingin berobat secara gratis, kamu bisa mendaftar ke BPJS Kesehatan dan juga menggunakan asuransi kesehatan. Ingin tahu lebih banyak seputar asuransi dan finansial? Kunjungi Blog Sunday sekarang dan temukan informasi lengkap!

Sunday mewajibkan penulisnya untuk menggunakan sumber-sumber kredibel di setiap artikel yang diproduksi. Sumber tersebut meliputi penelitian ilmiah, data pemerintah, data internal perusahaan, laporan asli, dan wawancara dengan para ahli di industri terkait. Kami juga mengambil referensi riset dari penerbit terpercaya jika dibutuhkan. 

Artikel ini mengambil referensi dari sumber-sumber berikut.

Share this article
Shareable URL
Artikel Terkait