Beranda Asuransi Asuransi Kesehatan: Jenis, Manfaat, Syarat, dan Tips Memilih.

Asuransi Kesehatan: Jenis, Manfaat, Syarat, dan Tips Memilih.

Asuransi kesehatan adalah sebuah asuransi yang memberikan jaminan kepada tertanggung untuk mengganti biaya pengobatan yang meliputi biaya perawatan di rumah sakit, biaya pembedahan dan biaya obat-obatan.

Asuransi kesehatan adalah salah satu jenis asuransi yang mulai disadari manfaatnya oleh masyarakat Indonesia. Menurut data BPS tahun 2022, 208 juta masyarakat Indonesia sudah memiliki asuransi kesehatan. 

Tapi, sebenarnya apa itu asuransi kesehatan? Apa bedanya dengan BPJS Kesehatan? Apa manfaat dari asuransi kesehatan? Dan apa aja syarat pengajuan asuransi kesehatan? 

Semua pertanyaan itu akan kami jawab lengkap di artikel ini. Jadi, yuk scroll ke bawah untuk pelajari lebih lanjut!

Definisi Asuransi Kesehatan.

Asuransi kesehatan adalah asuransi yang melindungi kamu dari risiko biaya medis. Apa saja jenis dan manfaat yang bisa kamu dapatkan? Baca di sini.

Menurut OJK, asuransi kesehatan adalah jenis asuransi yang memberikan jaminan kepada tertanggung untuk mengganti biaya pengobatan yang meliputi biaya perawatan di rumah sakit, biaya pembedahan dan biaya obat-obatan. 

Jadi, misalnya kamu sakit tifus dan membutuhkan perawatan inap, kamu bisa menggunakan asuransi kesehatan yang sudah kamu beli untuk membayar pengobatannya, baik itu secara langsung (cashless) mau pun tidak langsung (reimbursement).

Berbeda dengan asuransi jiwa yang memberikan manfaat kerugian untuk ahli waris, asuransi kesehatan memberikan manfaat langsung untuk pemegang polis. 

Baca juga: 7 Perbedaan Asuransi Jiwa dan Asuransi Kesehatan. 

Nah, di Indonesia sendiri, ada asuransi kesehatan swasta dan BPJS Kesehatan. Bedanya, asuransi kesehatan swasta adalah asuransi yang disediakan oleh perusahaan swasta, sedangkan BPJS Kesehatan adalah asuransi yang disediakan oleh badan usaha pemerintah. 

Setelah mengetahui pengertian asuransi kesehatan, yuk cari tahu apa saja manfaat asuransi kesehatan di part berikut ini. 

Manfaat Asuransi Kesehatan.

Asuransi kesehatan punya banyak manfaat atau cakupan yang bisa digunakan untuk melindungi risiko tertanggung. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang umum disediakan oleh asuransi kesehatan.

  • Manfaat rawat inap atau in patient memberikan kamu biaya ganti rugi untuk setiap pengobatan rawat inap yang kamu alami. 
  • Manfaat rawat jalan atau out patient yang mengganti biaya obat atau pemeriksaan medis yang kamu lakukan. 
  • Manfaat melahirkan atau maternity yang memberikan kamu penggantian biaya untuk pemeriksaan kehamilan hingga biaya persalinan. 
  • Manfaat kacamata atau glasses yang bisa kamu gunakan untuk membeli kacamata.
  • Manfaat gigi atau dental yang mengganti biaya perawatan gigi dan cabut gigi yang kamu perlukan.
  • Manfaat pemeriksaan umum atau general check-up yang bisa kamu gunakan untuk melakukan pemeriksaan umum mulai dari tekanan darah, kolesterol, hingga gula darah. 

Untuk penjelasan lebih lengkap, kamu bisa pelajari manfaat asuransi kesehatan di artikel ini: Ketahui 6 Manfaat Asuransi Kesehatan. 

Jenis Asuransi Kesehatan.

Ada beberapa asuransi kesehatan yang umum ditawarkan oleh perusahaan asuransi di Indonesia. Yuk, simak jenis-jenisnya!

1. Asuransi kesehatan individu.

Asuransi kesehatan individu memberikan perlindungan keuangan kepada individu atau perorangan untuk mengatasi risiko biaya kesehatan yang dapat timbul akibat sakit atau kecelakaan. 

Dalam konteks ini, kamu sebagai pemegang polis akan membayar biaya asuransi (premi) kepada perusahaan asuransi sebagai imbalan atas cakupan atau manfaat kesehatan yang disediakan. Besaran premi itu pun berbeda-beda, tergantung beberapa faktor seperti usia, riwayat kesehatan, dan jenis cakupan yang kamu pilih.

Asuransi kesehatan individu tidak hanya memberikan perlindungan finansial dan akses yang lebih mudah ke layanan kesehatan, tapi juga memberikan ketenangan pikiran. 

Selain itu, asuransi kesehatan juga bisa bantu kamu sebagai pemegang polis untuk lebih aware terhadap peningkatan kualitas hidup melalui pemeriksaan kesehatan rutin dan perawatan dini saat sakit. 

2. Asuransi kesehatan keluarga.

Asuransi kesehatan keluarga adalah bentuk perlindungan kesehatan yang mencakup seluruh anggota keluarga dalam satu polis. Dengan asuransi kesehatan keluarga, pemegang polis dapat memperoleh manfaat perlindungan kesehatan untuk diri mereka sendiri, pasangan, dan anak-anaknya. 

Premi asuransi kesehatan keluarga cenderung lebih rendah atau ekonomis dibandingkan dengan membeli polis individu untuk setiap anggota keluarga, sehingga memberikan solusi yang efisien dan terjangkau untuk memenuhi kebutuhan kesehatan keluarga.

Cakupan asuransi kesehatan keluarga hampir sama dengan asuransi kesehatan swasta pada umumnya, yaitu cakupan atau manfaat rawat inap, rawat jalan, manfaat kelahiran, manfaat gigi, manfaat kacamata hingga manfaat pemeriksaan umum. 

3. Asuransi kesehatan grup/karyawan.

Asuransi kesehatan grup/karyawan biasanya disediakan oleh sebuah perusahaan untuk karyawan mereka, di mana asuransi kesehatan tersebut bertujuan untuk memberikan perlindungan kesehatan yang mencakup sekelompok orang dalam satu polis. 

Asuransi kesehatan grup/karyawan biasanya mencakup berbagai layanan kesehatan, termasuk pemeriksaan rutin, rawat inap, dan penyediaan obat-obatan. Selain itu, program asuransi ini juga bisa mencakup layanan tambahan seperti layanan kacamata, perawatan gigi, dan kesehatan mental. 

Di beberapa perusahaan, asuransi kesehatan grup/karyawan tersebut juga bisa mencakup pasangan dan dua anak dari karyawan yang menjadi tertanggung di polis asuransi tersebut.

Karyawan yang mendapatkan manfaat dari asuransi kesehatan grup/karyawan bisa merasa lebih dihargai dan terlindungi, sementara perusahaan dapat memanfaatkan hal ini sebagai cara untuk meningkatkan kepuasan dan retensi karyawan. 

Kamu bisa baca tentang perbedaan asuransi kesehatan grup/kelompok dengan asuransi kesehatan individu di artikel berikut ini: Ketahui Perbedaan Asuransi Kesehatan Pribadi dan Asuransi Kesehatan Karyawan.

Syarat Pengajuan Asuransi Kesehatan. 

Ada beberapa dokumen utama yang umumnya diminta saat kamu akan mengajukan pembelian premi asuransi kesehatan, apa pun perusahaan penyedia asuransinya. 

Berikut ini adalah dokumen utama yang diminta saat pengajuan asuransi kesehatan.

  1. Identitas diri (KTP, KK, Akta kelahiran, dsb)
  2. Informasi riwayat medis
  3. Formulir SPAK (Surat Permintaan Asuransi Kesehatan)

Pihak penyedia asuransi kesehatan bisa saja meminta dokumen tambahan jika memang diperlukan, misalnya surat keterangan dokter yang menjelaskan tentang kondisi medis berat yang sudah ada sebelumnya. Karena kondisi medis berat tersebut biasanya tidak ditanggung oleh asuransi kesehatan.

Tips Memilih Asuransi Kesehatan.

Nah, setelah mengetahui berbagai informasi yang dibutuhkan untuk mengajukan asuransi kesehatan, kamu bisa mulai mencari produk dan penyedia asuransi yang sesuai untukmu! Tapi, terkadang  terlalu banyak penyedia asuransi kesehatan yang menawarkan manfaat dan harga premi menarik membuat kita bingung harus memilih yang mana. 

Tenang, berikut ini tips memilih asuransi kesehatan agar sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kamu a la Sunday.

  1. Tentukan kebutuhan kesehatan kamu.

Sebelum memilih penyedia asuransi kesehatan, ada baiknya kamu tahu kebutuhan kesehatan kamu mau pun keluarga kamu. Pertimbangkan faktor-faktor seperti riwayat kesehatan, jenis layanan kesehatan yang diinginkan, dan kebutuhan tambahan seperti perawatan gigi atau mata. 

  1. Bandingkan premi dan manfaat yang ditawarkan. 

Bandingkan biaya premi dan manfaat yang ditawarkan oleh beberapa perusahaan asuransi yang ada dalam daftar pilihan kamu. Pertimbangkan dengan cermat apa aja yang dicakup dalam polis termasuk limit cakupan. 

  1. Cek jaringan layanan kesehatan. 

Pastikan bahwa penyedia layanan kesehatan yang kamu pilih berada dalam jaringan penyedia asuransi. Ini dapat membantu mengurangi biaya perawatan dan memastikan akses yang lebih mudah.

  1.  Konsultasikan dengan agen asuransi.

Jika kamu membutuhkan dan memungkinkan, carilah agen asuransi yang terpercaya. Mereka bisa membantu kamu memahami opsi dan memilih polis yang sesuai dengan kebutuhan kamu. 

  1. Pertimbangkan anggaran yang kamu punya.

Sesuaikan pilihan asuransi dengan anggaran kamu. Pilih polis yang memberikan keseimbangan optimal antara biaya dan manfaat yang akan kamu dapatkan.

Sebelum membuat keputusan untuk membeli suatu produk asuransi kesehatan, pertimbangkan semua faktor dan tips tersebut, serta pastikan kamu memahami sepenuhnya ketentuan dan syarat-syarat polis asuransi kesehatan yang kamu pilih. 

Akhir Kata. 

Asuransi kesehatan sama pentingnya denga memiliki asuransi jiwa, apalagi dengan kondisi lingkungan hidup yang semakin tidak menentu ini. 

Semoga setelah membaca artikel ini kamu bisa semakin memahami apa itu asuransi kesehatan, jenis, manfaat, dan syarat pengajuannya.

Tetap sehat dan sampai jumpa di artikel berikutnya!

Sunday mewajibkan penulisnya untuk menggunakan sumber-sumber kredibel di setiap artikel yang diproduksi. Sumber tersebut meliputi penelitian ilmiah, data pemerintah, data internal perusahaan, laporan asli, dan wawancara dengan para ahli di industri terkait. Kami juga mengambil referensi riset dari penerbit terpercaya jika dibutuhkan. 

Artikel ini mengambil referensi dari sumber-sumber berikut.

Share this article
Shareable URL
Artikel Terkait