Beranda Gaya Hidup Ide Tempat Healing di Bandung, dari Wisata Alam Sampai Seni.

Ide Tempat Healing di Bandung, dari Wisata Alam Sampai Seni.

Ada banyak tempat healing di Bandung, mulai dari wisata alam sampai galeri seni.

Kalau sedang mumet atau stres dengan kegiatan sehari-hari, kamu bisa melakukan healing untuk menghibur diri. Ada banyak kota yang bisa didatangi sebagai tempat healing, termasuk Bandung. Lalu, apa saja sih rekomendasi tempat healing di Bandung?

Di Bandung, kamu bisa healing dengan berbagai cara, mulai dari wisata alam, jalan-jalan ke tempat seni, dan lain-lain. Yuk, simak rekomendasi tempatnya di artikel ini!

Tempat Healing di Bandung: Wisata Alam.

Kebanyakan orang memilih wisata alam sebagai tempat healing. Alasannya karena wisata alam bisa memberikan pemandangan yang berbeda dari pemandangan di wilayah perkotaan sehari-hari. Berikut ini beberapa tempat wisata di Bandung yang bernuansa alam.

1. Ranca Upas.

Ada banyak tempat healing di Bandung, mulai dari wisata alam sampai galeri seni.
Sumber: RuangBogor.com

Ranca Upas merupakan salah satu tempat perkemahan paling populer di Bandung. Di sini, pengunjung bisa berkemah sambil menikmati pemandangan alam berupa pegunungan dan juga danau. 

Suhu di Ranca Upas cukup dingin, sekitar 16-20 derajat Celcius. Kamu bisa membawa jaket atau menggunakan pakaian yang lebih tebal supaya tidak kedinginan di sana. 

Bukan cuma berkemah, kamu juga bisa memberi makan dan bermain dengan puluhan rusa yang dipelihara di penangkaran, loh! Nah, kalau kamu suka dengan permainan ekstrem, kamu juga bisa mencoba wahana seperti flying fox, paintball, trampoline, dan sebagainya. 

  • Alamat: Jl. Camp Ranca Upas, Patengan, Kec. Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.
  • Jam buka: Setiap hari (08.00-16.00 WIB).
  • Tiket masuk: Mulai dari Rp28.000.

2. Kawah Putih.

Ada banyak tempat healing di Bandung, mulai dari wisata alam sampai galeri seni.
Sumber: Theworldtravelguy.com

Nah, wisata Bandung yang satu ini juga sering dijadikan tempat healing bagi pecinta alam. Lokasinya tidak jauh dari Ranca Upas, tepatnya di kaki Gunung Patuha. 

Tempat wisata ini terbentuk dari hasil letusan Gunung Patuha di abad ke-10. Karena letusan itu, tanah di sekitar area ini jadi tercampur dengan belerang sehingga berwarna putih. Warna kawahnya terlihat estetik, dengan gradasi warna biru, hijau keputihan, dan cokelat.

  • Alamat: Jalan Raya Ciwidey Patengan Km 11 Lebakmuncang, Ciwidey, Sugihmukti, Pasir Jambu, Bandung, Jawa Barat.
  • Jam buka: Setiap hari (08.00-17.00 WIB).
  • Tiket masuk: Mulai dari Rp27.000.

3. Orchid Forest Cikole.

Ada banyak tempat healing di Bandung, mulai dari wisata alam sampai galeri seni.
Sumber: Klook.com

Orchid Forest Cikole juga sering dijadikan tempat healing di Bandung karena pemandangan alamnya yang indah. Tempat wisata ini merupakan tempat budidaya bunga anggrek. Di dalamnya terdapat lebih dari 150 jenis bunga anggrek dari seluruh dunia. 

Selain itu, terdapat juga hutan pinus yang asri dan sejuk. Pengunjung bisa berkeliling hutan dengan santai dan berfoto di spot yang menarik. 

Kalau lelah berkeliling dan ingin santai sejenak, bisa juga datang ke berbagai kafe yang di dalam tempat wisata ini. Kamu bisa menikmati kopi sambil melihat pemandangan indah. 

  • Alamat: Genteng, Cikole, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.
  • Jam buka: Senin-Jumat (08.00-18.00 WIB), Sabtu-Minggu (08.00-19.00 WIB).
  • Tiket masuk: Mulai dari Rp40.000.

Baca juga: 7 Tips Persiapan Mudik Lebaran Aman dan Nyaman.

Tempat Healing di Bandung: Wisata Seni.

Selain wisata alam, kamu juga bisa mengunjungi wisata seni sebagai tempat healing. Berikut ini rekomendasi tempat wisata seni di Bandung yang cocok untuk healing

1. Wot Batu.

Ada banyak tempat healing di Bandung, mulai dari wisata alam sampai galeri seni.
Sumber: Uncov.id

Kalau kamu penikmat seni, Wot Batu sangat cocok dijadikan tujuan healing. Tempat ini merupakan galeri seni berisi batu-batu yang menggambarkan kehidupan manusia. Seni ini dibuat oleh Sunaryo, seorang seniman senior Indonesia. 

Ada lebih dari 135 karya seni yang bisa ditemukan di tempat ini. Batu yang dipakai berupa batu vulkanik berukuran besar, semuanya dibawa dari berbagai gunung di pulau Jawa. 

Sunaryo membuat Wot Batu sebagai jembatan spiritual. Hal ini digambarkan lewat pemberian nama Wot Batu yang berasal dari kata ‘wot’ yang berarti jembatan dalam bahasa Jawa kuno. 

  • Alamat: Jl. Bukit Pakar Timur No.98, Ciburial, Kec. Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.
  • Jam buka: Selasa-Minggu (10.00-16.30 WIB).
  • Tiket masuk: Mulai dari Rp50.000.

2. NuArt Sculpture Park.

Ada banyak tempat healing di Bandung, mulai dari wisata alam sampai galeri seni.
Sumber: Klook.com

Rekomendasi berikutnya ada NuArt Sculpture Park, tempat wisata seni Bandung yang sudah dibuka sejak awal tahun 2000-an. Galeri seni ini menampung koleksi patung dan lukisan yang dibuat oleh seniman Nyoman Nuarta dari tahun 1975 hingga 2019. 

NuArt Sculpture Park dikelola sendiri oleh Nyoman, sampai akhirnya dinobatkan sebagai salah satu taman patung terbesar di Indonesia. Area galerinya mencakup dari dua lantai, terdiri atas berbagai ruangan seperti Galeri Teras, Butik Kriya, Amphitheatre, Sculpture Park, area Sarasvati, dan masih banyak lagi. 

  • Alamat: Setra Duta Raya No.L6, Ciwaruga, Kec. Parongpong, Bandung, Jawa Barat.
  • Jam buka: Selasa-Minggu (08.30-17.00 WIB).
  • Tiket masuk: Mulai dari Rp25.000.

3. Saung Angklung Udjo.

Ada banyak tempat healing di Bandung, mulai dari wisata alam sampai galeri seni.
Sumber: Infobdg.com

Kalau kamu pecinta musik, salah satu tempat healing di Bandung yang bisa didatangi adalah Saung Angklung Udjo. Tempat ini sudah ada sejak tahun 1966 dan menjadi sarana edukasi untuk melestarikan alat musik angklung sebagai alat musik khas Indonesia. 

Pengunjung yang datang ke Saung Angklung Udjo bisa menikmati pertunjukan musik angklung serta mengikuti sesi untuk belajar memainkan angklung. Selain itu, ada juga pertunjukan wayang, ritual helaran, pertunjukan tari tradisional, serta pertunjukan arumba. 

  • Alamat: Jl. Padasuka No.118, Pasirlayung, Kec. Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat.
  • Jam buka: Setiap hari (08.00-17.00 WIB).
  • Tiket masuk: Mulai dari Rp67.900.

Akhir Kata.

Nah, itulah beberapa rekomendasi tempat healing di Bandung yang bisa kamu datangi. Kamu bebas memilih tempat wisata alam atau seni sesuai selera. 

Ada banyak jenis moda transportasi yang bisa digunakan untuk liburan ke Bandung, salah satunya menggunakan mobil. Jika akan bawa mobil sendiri ke Bandung, jangan lupa untuk pakai asuransi kendaraan supaya mobil tetap terlindungi. 

Kamu juga bisa pakai asuransi kecelakaan diri sebagai bentuk proteksi untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan dalam perjalanan. Temukan lebih banyak info seputar asuransi di Blog Sunday, ya!

Sunday mewajibkan penulisnya untuk menggunakan sumber-sumber kredibel di setiap artikel yang diproduksi. Sumber tersebut meliputi penelitian ilmiah, data pemerintah, data internal perusahaan, laporan asli, dan wawancara dengan para ahli di industri terkait. Kami juga mengambil referensi riset dari penerbit terpercaya jika dibutuhkan. 

Artikel ini mengambil referensi dari sumber-sumber berikut.

Share this article
Shareable URL
Artikel Terkait