Beranda Gaya Hidup Butuh Hiburan? Ini Rekomendasi Tempat Healing di Jakarta.

Butuh Hiburan? Ini Rekomendasi Tempat Healing di Jakarta.

Ada beberapa rekomendasi tempat healing di Jakarta, mulai dari wisata alam sampai wisata seni.

Saat sedang jenuh, salah satu cara terbaik untuk menjernihkan pikiran adalah pergi ke tempat wisata yang cocok untuk healing. Healing tidak harus dilakukan di luar kota, bisa juga di Jakarta saja. Nah, kira-kira apa saja tempat healing menarik di Jakarta? 

Jika kamu tertarik untuk mencari tahu lokasi dan kegiatan seru untuk healing di Jakarta, cek terus informasinya di artikel ini, ya!

Tempat Healing di Jakarta: Wisata Alam.

Kebanyakan orang mengenal Jakarta sebagai kota modern dengan gedung-gedung tinggi. Tapi, sebenarnya di Jakarta juga tersedia tempat wisata alam untuk healing, loh. Berikut ini beberapa rekomendasi tempatnya. 

1. Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk.

Ada beberapa rekomendasi tempat healing di Jakarta, mulai dari wisata alam sampai wisata seni.
Sumber: Jakartamangrove.id

Rekomendasi wisata alam yang pertama ada di Jakarta Utara, tepatnya di Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk. Hutan ini, sesuai namanya, merupakan tempat pelestarian pohon mangrove dan ekosistem laut. 

Di hutan ini, kamu bisa berjalan menikmati pemandangan pohon mangrove dan menikmati udara yang sejuk. Tersedia juga paket tur untuk mengelilingi hutan menggunakan speedboat selama 30 menit. 

Jika ingin bermalam di sini, kamu bisa menyewa kamar dan villa yang disediakan di sekitar hutan. Harga kamarnya dimulai dari Rp150.000 per malam. 

  • Alamat: Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk, Kamal Muara, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, 14470.
  • Jam operasional: Setiap hari (08.30-17.30 WIB).
  • Harga tiket masuk: Mulai dari Rp30.000.

2. Pulau Kaliage.

Ada beberapa rekomendasi tempat healing di Jakarta, mulai dari wisata alam sampai wisata seni.
Sumber: Wikimedia.org

Kalau kamu suka healing di laut, Pulau Kaliage cocok dijadikan pilihan. Pulau ini merupakan pulau pribadi milik Surya Paloh yang ada di kawasan Kepulauan Seribu. 

Untuk mengunjungi pulau ini, kamu perlu naik kapal dengan durasi 90 menit dari pantai Ancol. Tidak ada biaya tiket masuk untuk datang ke pulau ini, tapi kamu perlu membayar jasa speedboat dengan harga mulai dari Rp270.000.

Di pulau ini tersedia berbagai aktivitas air yang menarik, mulai dari snorkeling, scuba diving, dan masih banyak lagi. Kalau ingin menginap, kamu juga bisa menyewa vila yang tersedia dengan harga mulai dari Rp5 jutaan per villa. 

  • Alamat: Kepulauan Seribu Utara, Kab. Administrasi Kepulauan Seribu, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14530.
  • Jam operasional: Senin-Jumat (07.00-22.00 WIB).
  • Harga tiket masuk: Gratis.

3. Taman Cattleya.

Ada beberapa rekomendasi tempat healing di Jakarta, mulai dari wisata alam sampai wisata seni.
Sumber: Wisato.id

Rekomendasi tempat main di Jakarta yang berikutnya adalah Taman Cattleya. Taman ini bisa ditemukan di tepi jalan raya di daerah Jakarta Barat. 

Salah satu keunikan taman ini ada pada lokasinya yang bersebelahan dengan bangunan-bangunan mal besar. Di sini, kamu bisa bersantai sambil menikmati suasana sejuk yang tenang. 

Ada juga area untuk berolahraga dan danau kecil sebagai tambahan fasilitas di tengah taman. Menariknya lagi, kunjungan ke taman ini tidak dikenakan biaya alias gratis. 

  • Alamat: Jalan Letjen S. Parman, Kemanggisan, Kecamatan Palmerah, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta 11440. 
  • Jam operasional: Setiap hari (06.30-17.30 WIB).
  • Harga tiket masuk: Gratis. 

Baca juga: 7 Tips Persiapan Mudik Lebaran Aman dan Nyaman.

Tempat Healing di Jakarta: Wisata Seni.

Bukan cuma wisata alam, ada juga tempat wisata seni yang cocok dijadikan tempat healing di Jakarta. Apa saja wisata seni yang ada di Jakarta? Berikut ini beberapa di antaranya. 

1. Museum MACAN. 

Ada beberapa rekomendasi tempat healing di Jakarta, mulai dari wisata alam sampai wisata seni.
Sumber: Superlive.id

Suka melihat pameran dengan berbagai karya seni? Kamu bisa datang ke Museum MACAN yang berlokasi di wilayah Jakarta Barat, nih. 

Di dalam museum ini terdapat sejumlah koleksi seni yang bisa dilihat langsung begitu kamu masuk. Selain itu, ada juga koleksi sementara yang biasanya terus diperbarui secara berkala setelah beberapa bulan. 

Karya yang dipamerkan di Museum MACAN terdiri atas karya seniman luar negeri dan seniman lokal. Sambil mengagumi karya seni yang ada, kamu juga bisa berfoto di spot-spot menarik yang ada di dalam museum. 

  • Alamat: AKR Tower Level M, Jl. Panjang No.5, Kb. Jeruk, Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11530.
  • Jam operasional: Selasa-Minggu (10.00-16.00 WIB).
  • Harga tiket masuk: Mulai dari Rp55.000. 

2. Museum Nasional.

Ada beberapa rekomendasi tempat healing di Jakarta, mulai dari wisata alam sampai wisata seni.

Kalau ingin datang ke museum yang lebih tradisional, kamu bisa mengunjungi Museum Nasional. Museum yang satu ini dikelola oleh negara, sehingga harga tiketnya cenderung lebih terjangkau.

Museum Nasional sudah berdiri dari tahun 1778. Di dalamnya terdapat banyak koleksi karya seni tradisional dan khas budaya Indonesia. Luas gedung museumnya juga cukup besar, sehingga ada banyak hal yang bisa disaksikan ketika mengunjungi museum ini. 

Menariknya lagi, akses ke Museum Nasional sangat mudah, dekat dengan halte Transjakarta. Jadi, tempat ini benar-benar cocok sebagai tempat healing bernuansa seni di Jakarta. 

  • Alamat: Jl. Medan Merdeka Barat No.12, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110.
  • Jam operasional: Selasa-Minggu (08.00-16.00 WIB).
  • Harga tiket masuk: Mulai dari Rp7.500. 

3. Jakarta Aquarium.

Ada beberapa rekomendasi tempat healing di Jakarta, mulai dari wisata alam sampai wisata seni.
Sumber: Blibil.com

Tempat yang satu ini mungkin tidak termasuk sebagai wisata seni, tapi tetap patut dipertimbangkan menjadi salah satu rekomendasi aktivitas di Jakarta untuk healing. Kamu bisa mendatangi Jakarta Aquarium yang berada di dalam mal Neo Soho di Jakarta Barat. 

Meski berada di dalam gedung, akuarium ini cukup besar. Di sini, kamu bisa melihat banyak sekali hewan laut dari berbagai jenis. Ada juga berbagai aktivitas yang bisa dinikmati pengunjung, seperti atraksi satwa laut, aquatrekking, touch pool, dan masih banyak lagi. 

  • Alamat: Letjen S. Parman St No.106, RT.3/RW.3, South Tanjung Duren, Grogol petamburan, West Jakarta City, Jakarta 11470.
  • Jam operasional: Selasa-Minggu (10.00-21.00 WIB).
  • Harga tiket masuk: Mulai dari Rp110.000. 

Akhir Kata.

Itulah beberapa rekomendasi aktivitas dan tempat healing di Jakarta. Kalau sedang penat dan butuh hiburan, kamu bisa mendatangi salah satu dari tempat-tempat di atas. Sedang cari informasi tentang asuransi dan finansial? Kamu bisa menemukan informasi lengkap di Blog Sunday, loh. Kunjungi Blog Sunday sekarang dan temukan panduan yang kamu butuhkan!

Sunday mewajibkan penulisnya untuk menggunakan sumber-sumber kredibel di setiap artikel yang diproduksi. Sumber tersebut meliputi penelitian ilmiah, data pemerintah, data internal perusahaan, laporan asli, dan wawancara dengan para ahli di industri terkait. Kami juga mengambil referensi riset dari penerbit terpercaya jika dibutuhkan. 

Artikel ini mengambil referensi dari sumber-sumber berikut.

Share this article
Shareable URL
Artikel Terkait