Beranda Bisnis Apa Saja Ide Usaha yang Menjanjikan? Ini Rekomendasinya.

Apa Saja Ide Usaha yang Menjanjikan? Ini Rekomendasinya.

Ada 10 jenis usaha yang menjanjikan yang punya potensi tinggi di Indonesia.

Sedang bingung menentukan ide bisnis? Sebenarnya, ada banyak sekali jenis usaha yang menjanjikan dan dijamin bisa membawa keuntungan bagimu. Tapi, kamu harus bisa berpikir kreatif untuk menentukan ide bisnis yang kompetitif. 

Nah, di artikel ini, kamu bisa menemukan berbagai ide bisnis yang bisa dipertimbangkan. Yuk, simak terus informasinya!

Baca juga: Risiko Usaha: Pengertian, Jenis, dan Cara Mengatasinya.

Karakteristik Usaha yang Menjanjikan. 

Sebuah bisnis bisa dikatakan sebagai bisnis yang menjanjikan kalau mampu memenuhi beberapa syarat. Berikut ini syarat atau karakteristik dari bisnis yang menjanjikan. 

1. Permintaan Pasar yang Tinggi. 

Karakteristik yang pertama adalah permintaan yang cukup tinggi dari konsumen. Ini artinya bisnis sangat dibutuhkan oleh masyarakat yang luas. Bisnis yang menjanjikan biasanya berada dalam sektor dengan permintaan pasar yang tinggi dan terus berkembang. 

2. Mampu Memenuhi Kebutuhan Jangka Panjang. 

Bukan cuma bisa memenuhi kebutuhan di masa sekarang, bisnismu juga harus bisa menjawab kebutuhan konsumen di masa depan. Bisnis yang sanggup memenuhi kebutuhan dalam jangka panjang disebut sebagai bisnis berkelanjutan. 

Banyak usaha terlihat menjanjikan pada awalnya, namun hanya sedikit yang mampu bertahan lama karena produk mereka tidak cukup memenuhi kebutuhan atau harapan pelanggan. 

3. Punya Potensi untuk Terus Berkembang. 

Bisnis yang menjanjikan harus punya potensi untuk berkembang. Potensi ini terlihat dari inovasi produk untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang terus berubah, serta ekspansi bisnis seperti membuka cabang baru atau memasuki pasar baru. 

4. Konsistensi Produk. 

Konsistensi dalam ketersediaan produk sangat penting untuk mempertahankan pelanggan. Pastikan produk yang kamu tawarkan selalu tersedia untuk mencegah pelanggan beralih ke pesaing.

Waktu pelanggan merasa yakin bahwa mereka selalu bisa mendapatkan produk yang mereka butuhkan dari bisnismu, loyalitas pelanggan meningkat dan peluang bisnis kamu untuk bertahan dan berkembang juga lebih besar.

Baca juga: Apa Perbedaan Kartu Debit dan Kredit? Ini Jawabannya.

10 Rekomendasi Usaha yang Menjanjikan. 

Ingin tahu apa saja ide bisnis yang kira-kira punya peluang untuk mendatangkan penghasilan sampai jangka panjang? Nah, di bawah ini ada 10 rekomendasi usaha yang menjanjikan. 

1. Jasa Membersihkan Rumah. 

Menurut Forbes, salah satu ide bisnis yang cukup menjanjikan adalah menyediakan jasa membersihkan rumah. Kamu tidak harus terjun langsung untuk membersih rumah pelanggan, tapi merekrut tenaga kerja yang akan membersihkan rumah-rumah orang. 

Sebagai pemilik bisnis, kamu akan berperan sebagai pengelola yang mengatur jadwal pembersihan, menerima pesanan dari pelanggan, dan sebagainya. 

2. Jasa Penitipan Hewan. 

Sekarang, ada banyak sekali orang yang punya hewan peliharaan. Saat sedang sibuk atau perlu bepergian jauh, biasanya mereka butuh orang yang bisa membantu mengurus hewan peliharaannya. Kebutuhan ini bisa kamu manfaatkan sebagai ide bisnis. 

Kamu bisa menawarkan jasa penitipan hewan di rumah ataupun dengan menyewa lokasi penitipan khusus. Nantinya, keuntungan didapat dari biaya yang dibayarkan berdasarkan lamanya hewan dititipkan dan tingkat kesulitan perawatan hewan tersebut. 

3. Guru Online

Menurut Business News Daily, jasa guru online selalu dibutuhkan dimana-mana. Banyak orang mengandalkan kursus online untuk belajar hal baru, baik bagi pelajar, mahasiswa, ataupun orang yang sudah bekerja. 

Nah, kalau kamu punya keahlian atau sertifikasi di bidang tertentu, kamu bisa memanfaatkannya untuk menawarkan jasa pengajaran online

4. Virtual Assistant.

Pekerjaan sebagai virtual assistant akhir-akhir ini sedang naik daun. Sebagai seorang virtual assistant, kamu akan bertugas untuk melayani kebutuhan klien secara online

Biasanya, pekerjaannya serupa dengan seorang sekretaris, hanya saja dilakukan secara virtual. Misalnya membuat catatan hasil rapat, membalas email, mengelola kalender perusahaan, dan sebagainya. 

Baca juga: Cara Lapor SPT Tahunan Pribadi Terbaru, Gampang Banget!

5. Jasa Penerjemahan. 

Internet dan media digital telah menciptakan peluang besar bagi penerjemah. Apalagi, sekarang banyak bisnis yang melakukan transaksi dan komunikasi secara global sampai lintas negara. 

Mereka pasti akan memerlukan penerjemah supaya bisa menjangkau konsumen di negara yang berbeda. Karena itu, jasa ini juga bisa dijadikan ide usaha yang menjanjikan. 

6. Pemasaran Digital. 

Pemasaran digital memungkinkan perusahaan untuk menjangkau audiens di seluruh dunia tanpa batasan geografis. Tapi, tidak semua orang tahu cara yang tepat untuk melakukan pemasaran secara digital ini.

Kamu bisa memanfaatkan hal ini sebagai peluang bisnis, apalagi kalau kamu punya pengalaman dalam bidang pemasaran digital sebelumnya. Kamu bisa menawarkan jasa pemasaran seperti manajemen media sosial, pemasangan iklan di media sosial, dan sebagainya. 

7. Jasa Pengantaran Makanan. 

Menurut InvestinAsia, jasa pengantaran makanan juga sangat menjanjikan dan punya potensi untuk berkembang, khususnya di Indonesia. 

Banyak orang yang tidak punya waktu untuk pergi ke toko dan membeli makanan secara langsung, sehingga mereka mengandalkan jasa online untuk bisa memesan makanan yang diinginkan. Tingginya kebutuhan akan hal ini membuktikan bahwa bisnis ini pasti menjanjikan. 

8. Agen Asuransi. 

Nah, ide bisnis yang satu ini cocok kalau kamu punya kemampuan komunikasi dan negosiasi yang baik. Kamu bisa bekerja sebagai agen asuransi secara independen ataupun mendaftar ke perusahaan asuransi untuk bekerja bersama dengan agen-agen lainnya. 

Baca juga: 14 Cara Melunasi Utang dengan Baik, Keuangan Dijamin Aman!

9. Desain Grafis. 

Baik perusahaan besar, usaha kecil, ataupun perorangan, banyak yang memerlukan desain untuk melakukan promosi yang menarik. Jadi, kebutuhan akan desainer grafis juga meningkat. 

Kamu bisa membuat bisnis penyediaan desain grafis, seperti ilustrasi, animasi, motion, dan sebagainya. Kalau tidak sanggup mengurus klien sendirian, kamu juga bisa membuat tim desainer kecil untuk membuat desain yang dibutuhkan konsumen. 

10. Dropshipping. 

Terakhir ada dropshipping, sebuah bisnis yang bisa dilakukan dengan mudah tanpa memerlukan modal besar. Saat kamu menjadi dropshipper, kamu menjadi perantara antara bisnis dengan konsumen. 

Kamu yang membantu bisnis dalam melakukan pemasaran dan konsumen akan melakukan pemesanan produk melalui bisnismu. Nantinya, kamu akan dapat keuntungan dari persentase komisi untuk setiap transaksi yang dilakukan. 

Baca juga: Financial Planning: Pengertian, Manfaat, Caranya.

Akhir Kata. 

Jadi, itulah beberapa ide usaha yang menjanjikan yang punya potensi untuk berkembang di Indonesia. Apapun jenis bisnis yang kamu pilih, jangan lupa untuk mempersiapkan strategi bisnis serta modal yang memadai, ya. Sebelum mulai berbisnis, kalau kamu punya pertanyaan seputar keuangan, kamu bisa coba kunjungi Blog Sunday untuk temukan jawabannya.

Sunday mewajibkan penulisnya untuk menggunakan sumber-sumber kredibel di setiap artikel yang diproduksi. Sumber tersebut meliputi penelitian ilmiah, data pemerintah, data internal perusahaan, laporan asli, dan wawancara dengan para ahli di industri terkait. Kami juga mengambil referensi riset dari penerbit terpercaya jika dibutuhkan. 

Artikel ini mengambil referensi dari sumber-sumber berikut.

Share this article
Shareable URL
Artikel Terkait