Beranda Gaya Hidup Begini Cara Membuat Surat Kuasa Tiket Konser dan Contohnya.

Begini Cara Membuat Surat Kuasa Tiket Konser dan Contohnya.

surat kuasa tiket konser.

Bagi kamu yang ingin menitipkan tiket konser pada teman atau keluarga, jangan lupa untuk membuat surat kuasa. Surat kuasa tiket konser diperlukan sebagai bukti bahwa orang yang akan mengambil tiketmu benar-benar ditugaskan sebagai perwakilan, bukan modus penipuan.

Biasanya, seseorang akan menitipkan tiket konser jika berhalangan untuk hadir. Surat kuasa ini perlu dibawa waktu akan menukarkan voucher tiket online dengan tiket fisik sebelum konser dimulai.

Sebelum membuat surat kuasa, coba cek dulu ke pihak promotor apakah mereka menyediakan template surat kuasa. Karena, ada beberapa promotor yang hanya mau menerima surat kuasa dengan template buatan mereka sendiri. Kalau tidak ada, maka kamu bisa menulis dengan format lain. 

Nah, apa kamu sudah tahu bagaimana cara menulis surat kuasa yang benar dan sah? Kalau belum berpengalaman membuat surat ini, coba perhatikan panduannya di artikel ini, ya!

Alasan Perlu Surat Kuasa untuk Tiket Konser.

Pihak promotor konser biasanya tidak mengizinkan seseorang dengan identitas berbeda untuk menukarkan dan memakai tiket konser. Hal ini dilakukan guna menghindari penjualan tiket melalui calo serta mencegah kasus penipuan tiket konser. 

Akan tetapi, terkadang ada situasi tertentu yang membuat seseorang terpaksa batal nonton konser atau tidak bisa menukarkan tiket sendiri. Misalnya karena ada situasi mendesak, pekerjaan darurat, lokasi tempat tinggal yang terlalu jauh, dan lain sebagainya.

Itulah kenapa diperlukan surat kuasa, supaya tiket yang sudah dibeli tidak sia-sia dan bisa dialihkan ke orang lain yang bisa datang secara langsung. 

Dengan membawa surat kuasa, pihak promotor akan lebih percaya bahwa tiket yang bersangkutan memang benar-benar sudah dialihkan secara sah. 

Hal Apa yang Harus Ada dalam Surat Kuasa Tiket Konser?

Surat kuasa merupakan dokumen sah yang berkaitan dengan hukum. Karena itu, isi surat kuasa tidak boleh ditulis sembarangan. Ada beberapa komponen yang harus dimasukkan ke dalam surat kuasa. 

Kalau kamu sedang merencanakan untuk membuat surat kuasa, sebaiknya ketahui dulu apa saja komponen penting tersebut. Berikut ini hal-hal yang wajib ada di dalam surat kuasa penukaran tiket konser: 

  • Judul surat.
  • Tanggal pemberian kuasa.
  • Nama dan identitas diri pemberi dan penerima kuasa.
  • Isi surat terkait dengan pemberian kuasa.
  • Tanda tangan bermaterai Rp10.000 dari pemberi kuasa.
  • Tanda tangan penerima kuasa.

Cara Membuat Surat Kuasa Tiket Konser.

Setelah mengetahui komponen yang perlu dituliskan di dalam surat, sekarang saatnya untuk memulai proses penulisan surat. Surat kuasa ini sebaiknya diketik dan dicetak supaya terlihat lebih rapi dan formal. Hindari menulis surat kuasa dengan tangan, ya. 

Sebenarnya, menulis surat kuasa tidaklah sulit, selama kamu memahami ketentuan surat yang sah. Coba perhatikan panduan cara membuat surat kuasa sebagai berikut: 

1. Awali surat dengan informasi identitas.

Di awal surat, kamu perlu mencantumkan identitas yang jelas. Dalam hal ini, identitas yang dimaksud adalah data diri pemilik tiket serta data diri orang yang ditunjuk untuk mewakilkan proses penukaran tiket. 

Berikan informasi identitas yang sejelas-jelasnya, mencakup nama lengkap, tanggal lahir, alamat domisili, alamat email, nomor identitas dan jenis identitas. 

2. Tuliskan paragraf yang menjelaskan tujuan surat kuasa.

Di bawah informasi identitas, jelaskan apa tujuan kamu menulis surat tersebut, yaitu untuk mengalihkan kepemilikan tiket ke orang lain, atau hanya menitipkan orang tersebut untuk menukarkan tiket sementara waktu. 

Jangan lupa, sertakan juga informasi nama konser dan detail konsernya, seperti tanggal dan lokasi konser diadakan. 

3. Akhiri dengan paragraf penutup.

Terakhir, kamu bisa membuat paragraf penutup. Paragraf penutup berisi kalimat yang menyatakan bahwa surat ini ditulis dengan sebenar-benarnya dan harus dipergunakan sebagaimana mestinya. 

Kalau sudah, di bagian paling bawah kamu bisa mencantumkan tanda tangan pemilik tiket sebagai pemberi kuasa yang disertai dengan materai Rp10.000, serta tanda tangan orang yang akan mewakilkan penukaran tiket sebagai penerima kuasa. 

Contoh Template Surat Kuasa Tiket Konser.

Tidak perlu bingung membuat surat kuasa pengalihan atau perwakilan penukaran tiket. Kamu bisa mengikuti contoh surat kuasa pengambilan tiket konser yang ada di bawah ini: 

Download template surat kuasa penukaran tiket di sini.

Contoh Surat Kuasa Penukaran Tiket. Download templatenya disini!

Akhir Kata.

Dengan adanya surat kuasa, kamu bisa menikmati konser dengan maksimal. Tidak perlu khawatir tidak diizinkan masuk ke tempat konser karena nama pembeli tiket berbeda dengan nama penukar tiket. 

Selama di lokasi konser, jangan lupa untuk selalu berhati-hati dan menjaga diri. Dengan banyaknya penonton yang hadir di sebuah konser, ada banyak kejadian tak terduga yang bisa saja terjadi, misalnya jatuh karena tidak sengaja terdesak penonton lain di area konser hingga membuatmu cedera. 

Kamu bisa memberikan perlindungan tambahan bagi diri sendiri dengan membeli asuransi kecelakaan diri. Temukan juga lebih banyak informasi seputar asuransi dan finansial di Blog Sunday, ya!

Sunday mewajibkan penulisnya untuk menggunakan sumber-sumber kredibel di setiap artikel yang diproduksi. Sumber tersebut meliputi penelitian ilmiah, data pemerintah, data internal perusahaan, laporan asli, dan wawancara dengan para ahli di industri terkait. Kami juga mengambil referensi riset dari penerbit terpercaya jika dibutuhkan. 

Artikel ini mengambil referensi dari sumber-sumber berikut:

Share this article
Shareable URL
Artikel Terkait