Beranda Kesehatan Mengenal Pentingnya Kesehatan Mental dan Cara Menjaganya.

Mengenal Pentingnya Kesehatan Mental dan Cara Menjaganya.

pentingnya kesehatan mental

Dalam beberapa tahun terakhir, semakin banyak orang menyadari pentingnya kesehatan mental. Meski begitu, masih ada juga orang-orang yang merasa canggung untuk membicarakan seputar isu kesehatan mental.

Padahal, ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan kalau kamu tahu cara menjaga kesehatan mental dengan baik.

Nah, supaya kamu lebih sadar akan pentingnya menjaga kesehatan mental, coba perhatikan informasi di artikel ini, ya!

Apa Itu Kesehatan Mental? 

Menurut WHO, kesehatan mental atau mental health adalah kondisi mental saat seseorang mampu berhadapan dengan berbagai pemicu stres di dalam kehidupannya, serta mampu menjalani aktivitas sehari-hari secara produktif. 

Bisa dibilang, mental yang sehat adalah momen ketika mental atau batin sedang dalam kondisi tenang dan tentram.

Sebaliknya, ketika batin terasa tidak tenang, bahkan sampai mengganggu produktivitas untuk menjalani kehidupan sehari-hari, artinya sedang ada masalah kesehatan mental yang dialami. 

Ada beberapa jenis penyakit mental yang umum dialami, tapi jarang disadari oleh penderitanya. Misalnya seperti gangguan pola makan atau eating disorder, gangguan kecemasan atau anxiety disorder, dan depresi.

Jika hal ini terjadi, maka diperlukan penanganan yang tepat dari pihak medis, dalam hal ini psikolog atau psikiater. Tanpa pengobatan yang tepat, maka gangguan kesehatan mental tidak bisa sembuh sepenuhnya. 

Contoh Gangguan Kesehatan Mental dan Penyebabnya.

Masih banyak yang belum mengetahui apa saja jenis gangguan mental yang bisa dialami oleh seseorang. Dikutip dari Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan, berikut ini beberapa contoh gangguan kesehatan mental: 

  • Depresi.
  • Skizofrenia.
  • Demensia.
  • Gangguan bipolar.
  • Gangguan tumbuh kembang yang menyerang saraf otak.

Ada banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan seseorang mengalami gangguan mental. Faktor ini dapat berasal dari dalam diri sendiri maupun dari orang lain atau faktor lingkungan. 

Kalau kamu ingin tahu apa saja penyebab seseorang mengalami masalah mental, coba perhatikan poin-poin di bawah ini: 

  • Punya riwayat kekerasan fisik, kekerasan seksual, atau bentuk pelecehan lain.
  • Gangguan pada otak atau kelainan pada otak.
  • Kehilangan pekerjaan atau menganggur dalam waktu lama.
  • Mengalami kerugian besar yang berkaitan dengan keuangan.
  • Penyalahgunaan obat-obatan terlarang.
  • Kematian atau kehilangan orang yang disayangi.

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental.

Kesehatan mental perlu dijaga dengan baik agar tidak mengalami gangguan. Sama seperti kesehatan fisik, gangguan atau penyakit mental juga bisa dicegah dengan perawatan diri yang tepat. 

Lalu, kenapa menjaga kesehatan mental itu penting? Berikut ini beberapa dampak positif dari upaya menjaga kesehatan mental: 

  • Memperbaiki suasana hati
  • Mendukung diri lebih produktif
  • Merasakan ketenangan dan kedamaian dalam hidup
  • Mampu berpikir lebih jernih
  • Mengurangi kecemasan
  • Meningkatkan kepercayaan dan harga diri

Kalau kamu masih bingung apa pentingnya kesehatan mental, coba perhatikan lagi poin-poin di atas. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan ketika kamu menerapkan upaya menjaga kesehatan mental diri sendiri. 

Pengobatan untuk Gangguan Kesehatan Mental.

Sama seperti kesehatan fisik, masalah kesehatan mental bisa diobati dengan cara yang tepat. Secara khusus, pengobatan untuk masalah kesehatan mental umumnya diberikan bagi penyintas level menengah hingga parah.

Ada beberapa metode pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah mental, seperti: 

1. Konsumsi obat-obatan.

Dokter atau psikiater bisa saja meresepkan obat untuk dikonsumsi pasien. Obat ini berfungsi untuk mengatasi gejala mental yang disebabkan oleh kelainan pada otak. 

Umumnya, obat-obatan yang diberikan untuk mengatasi gangguan mental adalah obat antidepresan, Selective Serotonin Reuptake Inhibitor (SSRI), dan Serotonin-Norepinephrine Reuptake Inhibitor (SNRIs). 

2. Psikoterapi.

Psikoterapi diberikan apabila pasien mengalami masalah kesehatan mental yang berkaitan dengan perubahan perilaku. Contohnya seperti Post Traumatic Stress Disorder (PTSD) dan Obsessive-Compulsive Disorder (OCD). 

Prosedur psikoterapi diawali dengan konsultasi dari pihak pasien, lalu diakhiri dengan penentuan jenis psikoterapi dari pihak dokter. 

3. Support group.

Selain obat-obatan dan psikoterapi, pasien gangguan mental juga sering dilibatkan dalam support group. Support group adalah kelompok dukungan yang terdiri atas orang-orang dengan pengalaman mental serupa. 

Di sini, setiap individu bisa saling berbagi dan terbuka terhadap masalah yang dialami. Proses ini dipandang efektif untuk membantu pasien menjalani pemulihan. 

Cara Menjaga Kesehatan Mental.

Mungkin sekarang kamu sudah menyadari bahwa menjaga kesehatan mental sangat penting. Selanjutnya, saatnya untuk mengetahui langkah-langkah yang bisa dilakukan agar mental tetap terjaga. 

Berikut ini beberapa cara yang bisa dicoba untuk menghindari gangguan kesehatan mental: 

1. Menulis jurnal pribadi.

Jurnal pribadi berbeda dengan diary. Jurnal bisa diisi dengan hal-hal yang menurutmu patut untuk disyukuri setiap harinya. Luangkan waktu setiap malam untuk mengisi jurnal ini dengan hal-hal positif yang dialami. 

Menulis jurnal akan memicu dirimu agar lebih merenungkan keseharian dan menemukan hal-hal yang bisa disyukuri. Dikutip dari Halodoc, perasaan syukur dikaitkan dengan peningkatan kualitas kesehatan mental serta kebahagiaan. 

Itulah kenapa menulis jurnal pribadi bisa jadi salah satu cara tepat untuk memicu kesehatan mental yang baik. 

2. Olahraga.

Nah, ada cara lain yang bisa dilakukan dengan mudah untuk memelihara mental, yaitu berolahraga. Saat melakukan aktivitas fisik, tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin. 

Hormon endorfin adalah hormon yang membantu memberikan rasa bahagia, menyingkirkan stres, dan meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik. Jadi, dengan rutin berolahraga, kesehatan mentalmu juga akan ikut terjaga. 

3. Tidur cukup setiap malam.

Banyak generasi muda yang meremehkan pentingnya waktu tidur. Padahal, memiliki waktu tidur yang cukup dan konsisten setiap malamnya akan memberikan dampak positif bagi mental. 

Berdasarkan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, kurang tidur dapat mengakibatkan perubahan negatif terhadap suasana hati seseorang. 

Jadi, usahakan untuk tidur minimal 6-8 jam setiap malam. Selain itu, sebaiknya pilihlah jam tidur yang konsisten atau sama setiap harinya. 

Akhir Kata.

Setiap orang perlu memahami pentingnya kesehatan mental serta cara terbaik untuk menjaga mental tetap sehat. Jangan sampai, kamu terlalu sibuk menjaga kesehatan fisik  hingga lupa untuk menjaga kesehatan mental. Kalau kamu memerlukan informasi lebih banyak tentang kesehatan mental, asuransi, maupun finansial, kamu bisa menemukannya di Blog Sunday. Jadi, yuk kunjungi Blog Sunday sekarang juga!

Sunday mewajibkan penulisnya untuk menggunakan sumber-sumber kredibel di setiap artikel yang diproduksi. Sumber tersebut meliputi penelitian ilmiah, data pemerintah, data internal perusahaan, laporan asli, dan wawancara dengan para ahli di industri terkait. Kami juga mengambil referensi riset dari penerbit terpercaya jika dibutuhkan. 

Artikel ini mengambil referensi dari sumber-sumber berikut:

Share this article
Shareable URL
Artikel Terkait