Beranda Kesehatan 7 Layanan Kesehatan Mental yang Bisa Dihubungi Saat Darurat.

7 Layanan Kesehatan Mental yang Bisa Dihubungi Saat Darurat.

Layanan kesehatan mental di Indonesia.

Saat kamu atau orang di sekitarmu mengalami depresi atau masalah kesehatan mental lainnya, sebaiknya segera cari bantuan dari ahli. 

Di Indonesia, ada banyak layanan kesehatan mental yang disediakan oleh pemerintah maupun instansi kesehatan untuk memfasilitasi pasien dengan gangguan kesehatan mental.

Layanan sejenis ini bisa diakses dengan mudah melalui telepon ataupun secara online. Jadi, kamu bisa langsung menghubunginya dalam keadaan darurat. 

Nah, apa saja sih layanan kesehatan mental yang dapat diakses di dalam negeri? Coba cari tahu daftar lengkapnya di artikel ini, ya!

Baca juga: Mengenal Pentingnya Kesehatan Mental dan Cara Menjaganya.

Layanan Kesehatan Mental di Indonesia.

Ada beberapa layanan yang tersedia secara umum dan bisa diakses dengan mudah. Layanan-layanan ini disediakan khusus bagi kamu yang memerlukan bantuan medis dari segi mental. Berikut ini daftar layanan-layanan tersebut.

1. Nomor darurat 119.

Indonesia memiliki nomor darurat 119 untuk menghubungi ambulans atau Kementerian Kesehatan (Kemenkes). 

Secara khusus, nomor ini bisa kamu hubungi apabila keluarga atau teman terdekat mengalami gangguan mental yang bersifat parah dan memerlukan penanganan medis sesegera mungkin. 

Misalnya, ketika orang terdekatmu depresi sampai melakukan tindakan percobaan bunuh diri, kamu bisa segera menelepon 119. Nantinya, pihak gawat darurat akan mengirim ambulans untuk memberikan pertolongan pertama. 

2. Puskesmas.

Selain melalui telepon, layanan kesehatan mental juga bisa didapatkan langsung dengan mengunjungi puskesmas terdekat. Tapi, tidak semua puskesmas menyediakan layanan poliklinik jiwa. 

Karena itu, sebaiknya tanyakan dulu pihak puskesmas dekat tempat tinggalmu mengenai hal ini. Meski begitu, umumnya puskesmas yang berada di kota besar sudah menyediakan layanan kesehatan jiwa. 

Kalau melakukan konsultasi masalah jiwa di Puskesmas, kamu tidak perlu menyiapkan dana yang terlalu besar. Umumnya, biaya konsultasinya dimulai dari Rp5.000 sampai Rp30.000, tergantung lokasi. 

3. Call Center Halo Kemenkes.

Sebenarnya, call center Halo Kemenkes bukan dirancang secara spesifik untuk memberikan bantuan kesehatan jiwa. Tapi, lewat call center ini, kamu bisa menanyakan lokasi bantuan terdekat dari tempat tinggalmu. 

Untuk menghubungi Halo Kemenkes, kamu bisa menelepon langsung ke nomor 1500 567. Bisa juga menghubungi lewat WhatsApp dengan nomor +62 812 6050 0567 atau melalui SMS di nomor +62 812 8156 2620.

Baca juga: 7 Mitos dan Fakta Kesehatan Mental yang Penting Dipahami.

4. Sejiwa.

Sejiwa merupakan layanan kesehatan mental yang disediakan oleh pemerintah Indonesia sejak April 2020. Layanan ini difasilitasi oleh Rumah Sakit Jiwa dr. Soeharto Heerdjan. 

Kamu bisa menghubungi Sejiwa lewat kontak darurat 119 dengan ekstensi 8. Nantinya, pihak Sejiwa akan memberikan dukungan berupa rekomendasi pencegahan serta tindakan yang perlu dilakukan.

Tapi, meskipun bisa diakses lewat kontak gawat darurat, Sejiwa tidak menyediakan fasilitas pertolongan pertama untuk kasus bunuh diri. 

Layanan ini bisa membantu mengantar dan menjemput pasien, serta melakukan mental health check up

5. Yayasan Pulih.

Berikutnya ada Yayasan Pulih, sebuah lembaga swadaya masyarakat non-profit yang berfokus pada kesehatan psikososial. Yayasan ini menyediakan tiga jenis konseling psikologis, yaitu konseling individu, konseling pasangan, dan konseling keluarga. 

Untuk menggunakan layanan dari Yayasan Pulih, kamu bisa menghubungi kontak WhatsApp mereka di +62 811 8436 633. Setelah itu, kamu akan diminta mengisi formulir pendaftaran.

Selanjutnya, pihak admin akan menyesuaikan jadwal psikolog dengan jadwalmu selaku pasien. Kemudian, kamu akan diminta untuk datang pada sesi konseling yang telah disepakati. 

Konseling bisa dilakukan secara online maupun offline. Untuk konseling offline, prosesnya dilakukan di kantor Yayasan Pulih di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan. 

6. BISA Helpline.

BISA merupakan program baru dari Love Inside Suicide Awareness (LISA), sebuah program dukungan kesehatan jiwa yang berasal dari Bali. Nama BISA mulai dipakai sejak tahun 2023. 

Secara khusus, BISA berkomitmen untuk melayani pasien jiwa dengan masalah kecanduan, melukai diri sendiri, atau usaha percobaan bunuh diri. Tapi, layanan teleponnya juga bisa dipakai untuk berkonsultasi mengenai isu kejiwaan lainnya. 

Call center BISA tidak beroperasi selama 24 jam dan hanya bisa diakses lewat situs resmi BISA Helpline. Jika tidak ada balasan dari call center, kamu bisa juga menghubungi BISA lewat WhatsApp di +62 811 385 5472.

7. Rumah Sakit.

Layanan terakhir bisa kamu dapatkan langsung dari rumah sakit. Hampir seluruh rumah sakit di Indonesia kini sudah dilengkapi dengan layanan poliklinik jiwa. 

Kamu bisa langsung mendatangi rumah sakit untuk berkonsultasi dengan psikolog. Apabila ada teman atau keluarga yang memiliki kondisi kejiwaan tingkat parah, sebaiknya langsung dibawa ke rumah sakit jiwa terdekat. 

Kementerian Kesehatan RI telah menyediakan lima rumah sakit jiwa rujukan untuk melayani pasien gangguan mental. Kelima rumah sakit tersebut antara lain: 

  • RSJ Amino Gondohutomo Semarang
  • RSJ Marzoeki Mahdi Bogor 
  • RSJ Soeharto Heerdjan Jakarta
  • RSJ Prof Dr Soerojo Magelang 
  • RSJ Radjiman Wediodiningrat Malang

Akhir Kata.

Jangan abaikan gejala atau tanda-tanda depresi dan masalah kejiwaan lainnya. Hubungi tujuh opsi layanan kesehatan mental yang telah disebutkan di atas untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

Kalau kamu memerlukan informasi tambahan seputar kesehatan mental, asuransi kesehatan, maupun produk asuransi lainnya, kamu bisa menemukannya di Blog Sunday. Segera temukan panduan yang kamu butuhkan di Blog Sunday!

Sunday mewajibkan penulisnya untuk menggunakan sumber-sumber kredibel di setiap artikel yang diproduksi. Sumber tersebut meliputi penelitian ilmiah, data pemerintah, data internal perusahaan, laporan asli, dan wawancara dengan para ahli di industri terkait. Kami juga mengambil referensi riset dari penerbit terpercaya jika dibutuhkan. 

Artikel ini mengambil referensi dari sumber-sumber berikut:

Share this article
Shareable URL
Artikel Terkait