Beranda Kesehatan 5 Layanan Konsultasi Psikolog Gratis, Bisa Diakses Online.

5 Layanan Konsultasi Psikolog Gratis, Bisa Diakses Online.

Ada banyak layanan konsultasi psikolog gratis yang bisa diakses secara online

Mungkin kamu pernah merasa ragu untuk berkonsultasi ke psikolog karena khawatir dengan biaya yang tinggi. Untungnya, sekarang sudah ada alternatif jasa konsultasi psikolog gratis. 

Selain gratis, layanan-layanan ini juga lebih praktis karena bisa diakses secara online. Apa saja layanan tersebut? Simak daftarnya di artikel ini, ya!

Layanan Konsultasi Psikolog Online Gratis.

Konsultasi online cocok untuk kamu yang punya keterbatasan waktu dan akses transportasi. Selain itu, layanan ini juga memungkinkan kamu untuk berkonsultasi secara rahasia. 

Ada beberapa yayasan yang menyediakan konsultasi online secara gratis. Berikut ini beberapa di antaranya: 

1. Berbagi Cerita.

Berbagi Cerita merupakan platform konseling online yang terbentuk sejak tahun 2019. Seluruh layanan konseling yang disediakan difasilitasi oleh konselor profesional. 

Konseling di Berbagi Cerita dilakukan melalui media sosial, seperti Instagram, Line, dan Google Meet dengan durasi 90 menit. Skema layanan gratis berlaku sampai selamanya, bukan hanya selama sesi free trial seperti pada platform lain. 

Tidak ada syarat atau ketentuan khusus untuk bisa menggunakan layanan dari Berbagi Cerita. Kamu cukup mendaftarkan diri dengan cara: 

  1. Masuk ke situs resmi Berbagi Cerita, lalu pilih tombol “Daftar Konseling” di pojok kanan atas. 
Ada banyak layanan konsultasi psikolog gratis yang bisa diakses secara online
  1. Lihat daftar konselor yang ada serta jam konseling yang tersedia. Pilih opsi “Konseling Gratis”.
Ada banyak layanan konsultasi psikolog gratis yang bisa diakses secara online
  1. Pilih tanggal yang diinginkan lalu tunggu sampai muncul halaman baru berisi formulir pendaftaran. 
Ada banyak layanan konsultasi psikolog gratis yang bisa diakses secara online
  1. Isi formulir selengkap mungkin dengan data diri, lalu cek email untuk mendapatkan bukti konfirmasi pendaftaran. 

Setelah lewat proses itu, kamu bisa langsung melakukan konseling sesuai jadwal yang dipilih. Usahakan untuk datang 5 menit sebelum waktu konseling dimulai. Pihak Berbagi Cerita hanya akan menoleransi keterlambatan hingga 15 menit. 

Baca juga: Ini 3 Perbedaan Konselor, Psikolog, dan Psikiater. 

2. Ikatan Psikolog Klinis Indonesia (IPK).

Berikutnya ada Ikatan Psikolog Klinis Indonesia (IPK). IPK memberikan layanan konsultasi psikolog online gratis yang bisa diakses lewat situs resmi IPK Indonesia.

Sesi konseling yang dilakukan melalui IPK akan dilayani langsung oleh psikolog profesional. Ada lebih dari 2800 psikolog klinis aktif yang tergabung dalam organisasi IPK dan mampu memberikan layanan konsultasi gratis. 

Kalau kamu tertarik untuk menggunakan jasa dari IPK, kamu bisa mendaftar dengan cara sebagai berikut: 

  1. Masuk ke halaman utama situs IPK Indonesia, kemudian pilih tombol “Cari Psikolog Klinis”. 
Ada banyak layanan konsultasi psikolog gratis yang bisa diakses secara online
  1. Kamu akan dibawa ke halaman formulir untuk memilih kota dan mencari psikolog terdekat. Klik salah satu nama psikolog yang kamu inginkan. 
Ada banyak layanan konsultasi psikolog gratis yang bisa diakses secara online
  1. Halaman akan menunjukkan data diri psikolog beserta dengan lokasi praktek dan kontak yang bisa dihubungi.
  2. Ikuti arahan yang tersedia untuk melakukan konsultasi gratis dengan psikolog pilihanmu. 

IPK memberikan data lengkap untuk semua psikolog yang terdaftar di organisasi tersebut. Tapi, tidak semua psikolognya melayani konsultasi online.

Jadi, cek data psikolog dengan seksama untuk memastikan apakah psikolog yang kamu pilih bisa memberikan konsultasi online atau tidak. 

Baca juga: 7 Layanan Kesehatan Mental yang Bisa Dihubungi Saat Darurat.

3. Yayasan Praktek Psikolog Indonesia (YPPI).

Yayasan yang satu ini terbentuk dari perkumpulan psikolog profesional di Indonesia, masing-masing dengan spesialisasi yang berbeda. Ada psikolog dengan konsentrasi khusus di bidang pendidikan keluarga dan anak, psikolog dewasa, sampai pendidikan psikologi. 

YPPI ini memiliki banyak cabang di berbagai kota. Kamu bisa memilih psikolog yang diinginkan berdasarkan lokasi tempat tinggal.

Bukan cuma menawarkan layanan konsultasi online, YPPI juga melayani pasien yang ingin konsultasi langsung secara tatap muka. Untuk mengajukan sesi konseling, kamu harus langsung menghubungi pihak YPPI melalui WhatsApp di salah satu nomor berikut: 

  • +62 878 8718 4585
  • +62 812 1249 3404
  • +62 857 1791 9690
  • +62 812 1345 8601

4. Yayasan Pulih.

Yayasan Pulih menjadi salah satu lembaga yang paling sering dituju saat pasien mengalami kondisi darurat. Bukan cuma memberikan layanan darurat, yayasan ini juga melayani sesi konseling gratis secara online

Ada tiga jenis konseling online yang disediakan oleh Yayasan Pulih, yaitu Konseling Individu, Konseling Pasangan, dan Konseling Keluarga. Untuk mendaftar konseling, kamu perlu melalui tahap berikut: 

  1. Hubungi admin Yayasan Pulih melalui WhatsApp di nomor +62 811 843 6633. Admin akan memberikan tautan formulir pendaftaran. 
  2. Berdasarkan data diri yang tertera di formulir, admin akan memberikan rekomendasi jadwal sesi konseling. Sesi konseling berlangsung di jam operasional yayasan, yaitu pada Senin – Jumat (09.00-17.00 WIB) dan Sabtu (09.00-14:00 WIB). 
  3. Pasien memilih sesi konseling yang diinginkan dan melaporkannya kepada admin. 
  4. Admin akan mengatur jadwal konseling dan memberikan link Zoom untuk konseling online

Sesi konseling online berlangsung dengan durasi satu jam. Pastikan perangkat yang kamu gunakan untuk konseling tersambung dengan koneksi internet yang baik. 

Baca juga: 7 Mitos dan Fakta Kesehatan Mental yang Penting Dipahami.

5. BagiKata.

Dibandingkan layanan lain, BagiKata mungkin lebih banyak dikenal oleh generasi muda. Karena, layanan ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan anak muda. Sesi konseling yang diadakan juga bisa dilakukan melalui situs BagiKata atau lewat Line. 

Secara khusus, BagiKata melayani konsultasi untuk masalah sehari-hari. Konselingnya dipandu oleh konselor dan psikolog, tergantung kebutuhan. 

Kalau kamu sudah punya aplikasi Line, kamu bisa langsung menambahkan akun BagiKata sebagai teman, kemudian membuka percakapan untuk mulai konseling. Tapi, kalau ingin konseling lewat web, kamu bisa mengikuti langkah ini: 

  1. Masuk ke situs resmi BagiKata, lalu pilih tombol “Lihat Layanan Kami”. 
Ada banyak layanan konsultasi psikolog gratis yang bisa diakses secara online
  1. Pilih opsi “Mulai Chat di Web” untuk mendaftar konseling online
Ada banyak layanan konsultasi psikolog gratis yang bisa diakses secara online
  1. Jika layanan sedang aktif, kamu bisa langsung memulai percakapan. Tapi, jika layanan tidak aktif, kamu akan diminta mengisi formulir untuk memulai chat
Ada banyak layanan konsultasi psikolog gratis yang bisa diakses secara online

Layanan chat melalui web hanya berlangsung setiap hari Senin-Minggu pukul 12.00 WIB sampai dengan 23.59 WIB. 

Jika melewati jam tersebut, kamu bisa mengisi formulir terlebih dahulu, kemudian pihak BagiKata akan menghubungi kembali. 

Baca juga: Mengenal Pentingnya Kesehatan Mental dan Cara Menjaganya.

Akhir Kata.

Itulah beberapa layanan konsultasi psikolog gratis yang bisa diakses secara online. Kalau kamu ingin konseling tapi memiliki dana yang terbatas, layanan-layanan di atas bisa jadi solusinya. Ingin dapatkan lebih banyak informasi seputar kesehatan mental, asuransi, dan finansial? Yuk, kunjungi Blog Sunday sekarang juga!

Sunday mewajibkan penulisnya untuk menggunakan sumber-sumber kredibel di setiap artikel yang diproduksi. Sumber tersebut meliputi penelitian ilmiah, data pemerintah, data internal perusahaan, laporan asli, dan wawancara dengan para ahli di industri terkait. Kami juga mengambil referensi riset dari penerbit terpercaya jika dibutuhkan. 

Artikel ini mengambil referensi dari sumber-sumber berikut.

Share this article
Shareable URL
Artikel Terkait