Beranda Asuransi 5 Cara Cek BPJS Kesehatan, Bisa Online atau Offline.

5 Cara Cek BPJS Kesehatan, Bisa Online atau Offline.

cara cek BPJS kesehatan

Bagi peserta BPJS Kesehatan, penting untuk tahu apakah status kepesertaan milikmu masih aktif atau tidak. Ada berbagai cara cek BPJS Kesehatan, yaitu melalui online ataupun offline

Kenapa penting untuk mengetahui status kepesertaan BPJS? Karena, dari cara ini kamu bisa tahu apakah BPJS Kesehatan masih bisa dipakai atau tidak. Kalau kepesertaannya tidak aktif, maka kamu tidak akan bisa menggunakannya di saat mendesak. 

Jadi, bagaimana cara cek BPJS Kesehatan aktif atau tidak? Simak terus panduan lengkapnya di artikel ini, ya!

Cara Cek BPJS Kesehatan Online.

Cek kepesertaan online bisa dilakukan dengan sangat mudah, cukup menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) sesuai e-KTP. 

Jika menggunakan NIK, pengecekan bisa lewat aplikasi Mobile JKN, SMS Gateway, serta akun WhatsApp BPJS Kesehatan. Untuk penjelasan lengkapnya, baca terus informasi cara cek nomor BPJS Kesehatan dengan NIK online di bawah ini: 

1. Cek lewat aplikasi Mobile JKN.

Cara yang pertama bisa melalui aplikasi Mobile JKN. Pertama-tama, kamu perlu mengunduh aplikasi tersebut terlebih dahulu. Aplikasi ini tersedia di Google Play maupun App Store. Jika sudah diunduh, langkah selanjutnya adalah sebagai berikut: 

  • Tekan tombol “Masuk/Daftar” yang ada di sudut kiri atas halaman utama aplikasi. Pengguna baru akan diarahkan untuk registrasi.
cara cek BPJS kesehatan
  • Untuk registrasi pertama kali, kamu cuma perlu mencantumkan NIK, nama lengkap sesuai KTP, dan tanggal lahir. Lalu langsung pilih opsi “Verifikasi Data”.
cara cek BPJS kesehatan
  • Jika sudah punya akun, bisa langsung login.
  • Pada kolom “Pilih Jenis Identitas’’, pilihlah NIK. Lalu, di bawahnya masukkan 16 digit NIK serta password Mobile JKN.
cara cek BPJS kesehatan
  • Kalau sudah masuk, pilih menu “Info Peserta” dan informasi kepesertaan akan langsung muncul di aplikasi, lengkap dengan status aktif dan nomor BPJS Kesehatan milikmu.
cara cek BPJS kesehatan

2. Cek melalui SMS Gateway.

Selanjutnya, kamu juga bisa mengandalkan SMS Gateway untuk cek keaktifan BPJS Kesehatan. 

Untuk melakukan ini, kamu perlu menyimpan contact BPJS Kesehatan terlebih dahulu dengan nomor +62 877 7550 0400. Jika sudah, kamu bisa langsung melanjutkan ke langkah berikut: 

  • Ketik NIK (spasi) nomor NIK sesuai e-KTP.
  • Langsung kirim dalam bentuk SMS ke nomor +62 877 7550 0400.
  • Tunggu beberapa menit, kamu akan segera menerima balasan dari nomor yang sama, berisi keterangan nomor BPJS dan status keaktifannya.

Perlu diperhatikan, apabila kamu memilih untuk mengecek lewat SMS Gateway, maka akan ada pemotongan pulsa standar untuk pengiriman SMS tersebut. Tarifnya berbeda-beda, tergantung provider yang digunakan. 

Baca juga: Mengenal BPJS: Pengertian, Jenis, Manfaat dan Biaya Iuran.

3. Cek via WhatsApp BPJS Kesehatan.

Tahukah kamu, cara lain untuk cek status BPJS Kesehatan juga bisa melalui aplikasi WhatsApp? Layanan ini disebut sebagai layanan Chika. 

Nomor Chika untuk WhatsApp berbeda dengan nomor yang digunakan untuk pengecekan lewat SMS Gateway. Sebaiknya, kamu menyimpan nomor +62 811 875 0400 jika ingin mengecek lewat WhatsApp. Kemudian, lakukan cara-cara di bawah ini: 

  • Buka aplikasi WhatsApp dan mulai percakapan dengan nomor Chika.
  • Kirim pesan apa saja untuk memulai percakapan, bisa hanya berupa titik (.) atau sapaan.
  • Secara otomatis, kamu akan menerima balasan berupa opsi menu,
  • Pilih opsi ‘‘Cek Status Peserta’’, kemudian Chika akan memberikan informasi cara mengecek status, yaitu dengan mengetikkan NIK atau nomor BPJS Kesehatan.
  • Jika sudah, Chika akan langsung memberikan balasan yang menyatakan apakah status peserta milik kamu masih aktif atau tidak.
cara cek BPJS kesehatan

4. Cek lewat call center BPJS. 

Nah, cara cek nomor BPJS Kesehatan secara online dengan NIK yang terakhir adalah lewat call center BPJS. Call center BPJS Kesehatan bisa dihubungi lewat nomor 165. Untuk lebih lengkapnya, coba perhatikan panduan di bawah ini: 

  • Hubungi nomor 165.
  • Ketik angka 1 untuk layanan ‘‘Pengecekan Data Kepesertaan’’.
  • Kembali mengetik angka 1 untuk opsi layanan ‘‘Pengecekan Status Kepesertaan’’.
  • Ketik nomor peserta BPJS atau NIK, diakhiri dengan tanda pagar.
  • Ketik tanggal lahir.
  • Layanan call center akan menginformasikan mengenai status keaktifan peserta.

Sama seperti SMS Gateway, untuk layanan call center juga tidak gratis. Kamu perlu membayar biaya telepon sesuai dengan tarif yang telah ditentukan oleh provider

Cara Cek BPJS Kesehatan Offline.

Cek nomor BPJS Kesehatan dengan NIK secara online memang lebih praktis, tapi tetap ada cara kalau kamu ingin mengeceknya secara offline. Cara ini bisa diterapkan dengan langsung mendatangi kantor cabang BPJS. 

Saat datang ke kantor cabang, kamu cuma perlu membawa KTP saja. Tidak ada dokumen persyaratan tertentu yang diwajibkan untuk dibawa saat akan mengecek BPJS di kantor cabang. 

Untuk menemukan lokasi kantor cabang terdekat, kamu bisa mengunjungi situs resmi BPJS Kesehatan di: https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/kontak.html. Kemudian, ikuti langkah ini: 

  • Datangi kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat.
  • Ambil nomor antrean dan tunggu giliran.
  • Saat sudah dipanggil, informasikan ke petugas bahwa kamu ingin tahu cara cek nomor BPJS Kesehatan dengan NIK.
  • Informasikan NIK kepada petugas, lalu petugas akan membantu pengecekan dan menyampaikan status kepesertaanmu

Akhir Kata.

Nah, itulah berbagai cara cek keaktifan BPJS Kesehatan yang bisa kamu coba, baik secara online dengan NIK maupun offline. Pastikan untuk selalu mengecek status kepesertaan BPJS milik kamu masih aktif atau tidak, ya. 

Kalau sampai tidak aktif, maka kamu tidak akan bisa menggunakannya untuk berobat di situasi mendesak. Jika butuh perlindungan tambahan selain BPJS Kesehatan, kamu juga bisa mempertimbangkan untuk memakai asuransi kesehatan

Ingin tahu lebih banyak tentang asuransi kesehatan? Kamu bisa mendapatkan informasi lebih lengkap seputar asuransi dan finansial di Blog Sunday, loh. Yuk, segera kunjungi Blog Sunday untuk temukan panduan lainnya!

Sunday mewajibkan penulisnya untuk menggunakan sumber-sumber kredibel di setiap artikel yang diproduksi. Sumber tersebut meliputi penelitian ilmiah, data pemerintah, data internal perusahaan, laporan asli, dan wawancara dengan para ahli di industri terkait. Kami juga mengambil referensi riset dari penerbit terpercaya jika dibutuhkan. 

Artikel ini mengambil referensi dari sumber-sumber berikut:

Share this article
Shareable URL
Artikel Terkait