Beranda Asuransi Begini Cara Buat BPJS Kesehatan, Lengkap dengan Syaratnya!

Begini Cara Buat BPJS Kesehatan, Lengkap dengan Syaratnya!

cara buat bpjs kesehatan

Bagi kamu yang ingin mendaftar ke program BPJS Kesehatan dari pemerintah, tidak perlu pusing memikirkan cara daftarnya. Karena, sekarang cara buat BPJS Kesehatan sangatlah mudah dan bisa dilakukan secara online.

Tapi, pastikan kamu sudah memenuhi seluruh persyaratan sebelum mendaftar, ya. Coba baca terus artikel ini untuk dapatkan panduan lengkapnya!

Baca juga: Mengenal BPJS: Pengertian, Jenis, Manfaat dan Biaya Iuran.

Syarat Mendaftar BPJS Kesehatan.

Sebenarnya, syarat utama untuk menjadi anggota BPJS Kesehatan sangat sederhana, yaitu membuktikan diri sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) yang sah. Selain itu, kamu juga perlu melengkapi dokumen-dokumen berikut: 

  • Kartu Keluarga (KK).
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • NPWP.
  • Nomor telepon.
  • Alamat email.
  • Buku rekening.

Pendaftaran BPJS biasanya dilakukan per keluarga. Karena itu, selain perlu KTP, kamu juga akan diminta untuk menyiapkan KK. 

Tarif Iuran BPJS Kesehatan.

Sebelum mendaftarkan diri dan keluargamu untuk mendapatkan layanan BPJS Kesehatan, tentunya kamu perlu tau kalau layanan ini adalah layanan berbayar yang dibedakan berdasarkan kelasnya, ada kelas I, II, dan III untuk peserta mandiri. Semakin tinggi kelasnya, maka iurannya juga semakin besar. Tapi, besaran iuran ini sebanding dengan fasilitas kesehatan yang akan didapat nantinya. 

Berdasarkan informasi di situs resmi BPJS Kesehatan, daftar harga iuran terbaru saat ini adalah: 

  • Iuran kelas III: Rp42.000 per orang per bulan.
  • Iuran kelas II: Rp100.000 per orang per bulan.
  • Iuran kelas I: Rp150.000 per orang per bulan. 

Pembayaran iuran harus dilakukan secara rutin, tepatnya di tanggal 10 setiap bulannya. Kalau terlambat bayar sampai dengan 45 hari, maka akan dikenakan denda. Besaran dendanya sekitar 5% dari biaya rawat inap ketika peserta menggunakan BPJS Kesehatan untuk berobat.

Baca juga: 5 Cara Cek BPJS Kesehatan, Bisa Online atau Offline.

Cara Buat BPJS Kesehatan Secara Offline.

Ada dua cara buat BPJS Kesehatan, yaitu secara offline dan online. Pertama, mari telusuri cara pembuatan dengan metode offline.

Untuk daftar lewat offline, kamu perlu datang ke kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat. Informasi mengenai kantor cabang ini bisa ditemukan di situs Sehat Negeriku milik Kementerian Kesehatan. 

Kalau sudah menemukan lokasi kantor cabang paling dekat, sekarang saatnya untuk lanjut ke tahap berikut ini: 

  1. Datang ke kantor cabang BPJS Kesehatan dan ambil nomor antrean.
  2. Isi formulir pendaftaran yang disediakan di loket.
  3. Serahkan formulir yang telah diisi lengkap ke petugas, sertakan lampiran dokumen persyaratan yang meliputi KK, KTP, NPWP, dan buku rekening. 
  4. Pilih lokasi fasilitas kesehatan dan kelas pelayanan yang diinginkan. 
  5. Tunggu petugas memproses formulir, setelah itu kamu akan mendapatkan virtual account untuk membayar iuran pertama. 
  6. Lakukan pembayaran ke virtual account yang diberikan dan status kepesertaan otomatis langsung aktif. 

Baca juga: Cara Mengaktifkan BPJS Kesehatan yang Nonaktif, Bisa Online!

Cara Buat BPJS Kesehatan Secara Online.

Kalau mau lebih praktis, kamu bisa mendaftar langsung secara online. Pendaftaran online dilakukan menggunakan aplikasi Mobile JKN. Nah, berikut ini cara buat BPJS Kesehatan secara online

  1. Unduh aplikasi Mobile JKN di Google Play Store atau App Store
  2. Buka aplikasi, pilih opsi “Masuk/Daftar” di halaman utama. 
Cara buat BPJS Kesehatan
  1. Lakukan registrasi akun untuk pertama kali, caranya dengan mengisi NIK, nama lengkap sesuai KTP, dan tanggal lahir. Lalu langsung pilih opsi “Verifikasi Data”.
Cara buat BPJS Kesehatan
  1. Begitu akun selesai dibuat, kamu bisa langsung login. Caranya dengan memilih NIK di kolom “Pilih Jenis Identitas’’, kemudian di bawahnya masukkan 16 digit NIK serta password Mobile JKN.
Cara buat BPJS Kesehatan
  1. Setelah login, kamu akan diarahkan ke halaman utama aplikasi. Di sana, pilih opsi “Penambahan Peserta”.
Cara buat BPJS Kesehatan
  1. Selanjutnya, kamu akan masuk ke halaman pendaftaran. Isi nomor KK di kolom yang tersedia, lalu pilih “Selanjutnya”.
Cara buat BPJS Kesehatan
  1. Berikutnya, kamu bisa lanjut ke proses memilih kelas fasilitas kesehatan yang diinginkan serta data kontak untuk peserta yang didaftarkan. Nantinya, iuran yang tertera akan berbeda tergantung kelas yang kamu pilih. 
Cara buat BPJS Kesehatan
  1. Terakhir, kamu akan masuk ke halaman tagihan. Di sana, kamu bisa memilih metode pembayaran yang diinginkan dengan memasukkan nomor rekening dan daftar autodebet supaya iuran nantinya terbayar otomatis setiap bulan. 
  1. Begitu pembayaran dilakukan, secara otomatis kepesertaan BPJS Kesehatan akan langsung aktif. 

Akhir Kata.

Itulah cara buat BPJS Kesehatan baik secara offline maupun online. Selama kamu bisa memenuhi persyaratan yang diminta, maka proses pendaftarannya tidak akan sulit. 

Kalau kamu butuh informasi terbaru seputar asuransi dan finansial, jangan ragu untuk mengunjungi Blog Sunday. Di sini, kamu akan temukan semua panduan lengkap yang kamu butuhkan. 

Kunjungi Blog Sunday sekarang, ya!

Sunday mewajibkan penulisnya untuk menggunakan sumber-sumber kredibel di setiap artikel yang diproduksi. Sumber tersebut meliputi penelitian ilmiah, data pemerintah, data internal perusahaan, laporan asli, dan wawancara dengan para ahli di industri terkait. Kami juga mengambil referensi riset dari penerbit terpercaya jika dibutuhkan. 

Artikel ini mengambil referensi dari sumber-sumber berikut:

Share this article
Shareable URL
Artikel Terkait