Beranda Kendaraan Ini 10 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin dan Tips Mengatasinya.

Ini 10 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin dan Tips Mengatasinya.

Setidaknya ada 10 hal yang menyebabkan AC mobil tidak dingin, termasuk kerusakan pada berbagai komponennya.

Pernah mengalami AC mobil tidak dingin? Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Supaya bisa mengatasinya, kamu perlu tahu dulu apa penyebab AC menjadi tidak dingin.

Sebenarnya, kondisi AC tidak dingin cukup umum terjadi, apalagi pada mobil tua. Tapi, bukan berarti masalah ini tidak bisa diselesaikan.

Yuk, cari tahu apa penyebab AC mobil tidak dingin dan langkah yang perlu dilakukan untuk mengatasinya!

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin. 

Kira-kira, apa saja hal yang membuat AC mobil tidak mengeluarkan angin dingin dengan baik? Berikut ini beberapa faktor penyebabnya. 

1. Kompresor rusak.

Kompresor adalah komponen AC yang berfungsi untuk menghasilkan angin dingin. Kalau kompresor rusak, otomatis AC mobil jadi tidak berfungsi dengan baik. 

Rusaknya kompresor bisa dipicu oleh usia kompresor yang sudah tua. Biasanya, kondisi kerusakan ini juga ditandai dengan bunyi aneh dari dalam AC. 

2. Freon habis.

Salah satu alasan utama AC mobil tiba-tiba tidak dingin adalah habisnya freon. Dilansir dari Kompas, freon merupakan cairan atau gas yang berperan sebagai bahan bakar AC. Tanpa adanya freon, AC tidak bisa bekerja dengan maksimal. 

Biasanya, freon perlu diperbarui secara berkala saat melakukan servis mobil. Jika tidak, maka freon bisa habis dan menyebabkan AC jadi tidak dingin. 

3. Tekanan berlebih di sistem AC.

Nah, kondisi yang satu ini bisa terjadi kalau kamu baru saja mengisi oli kompresor mobil. Pengisian oli kompresor harus dilakukan secara hati-hati. Kalau olinya terlalu banyak, bisa memicu tekanan berlebih di sistem AC.

Tekanan ini akan membuat AC jadi rusak dan tidak bisa mengeluarkan air dingin dengan baik. Jadi, kalau ingin mengisi oli kompresor, pastikan untuk meminta bantuan ahli di tempat servis mobil resmi, ya. 

4. Fan belt putus.

Dalam beberapa kasus, putusnya fan belt juga bisa menjadi penyebab AC mobil tidak dingin. Fan belt merupakan komponen yang menyalurkan putaran mesin ke kompresor. Kalau fan belt ini putus, sudah pasti kompresor jadi tidak bisa berfungsi dengan baik.

Putusnya fan belt bisa disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya kondisi AC mobil yang sudah tidak mumpuni atau jarang diservis.  

5. Filter AC kotor.

Nah, penyebab yang satu ini sebenarnya tidak terlalu fatal, tapi bisa terjadi kalau kamu kurang teliti dalam merawat AC mobil. Di dalam setiap AC, terdapat filter yang berperan sebagai penyaring kotoran. Filter ini memastikan udara yang dikeluarkan AC tetap bersih.

Filter kotor disebabkan oleh penumpukan debu dan kotoran. Karena debu yang terlalu banyak, maka angin tidak bisa disalurkan dengan baik, sehingga AC jadi tidak dingin. 

6. Drive belt terlalu longgar.

Di dalam komponen AC, ada juga yang disebut drive belt, yaitu bagian AC yang berperan dalam menggerakkan roda mesin AC. Drive belt yang terlalu longgar tidak bisa menggerakkan mesin dengan baik, sehingga daya yang disalurkan ke kompresor kurang maksimal.

Akibatnya, mesin AC mobil menjadi rusak secara keseluruhan dan tidak bisa mengeluarkan AC dingin dengan baik. 

7. Kondensor kotor. 

Pada AC, ada yang namanya kondensor. Kondensor merupakan alat pembuang suhu panas dari kompresor. Kompresor AC yang bekerja dengan keras biasanya akan mengeluarkan suhu panas. Kondensor inilah yang akan menetralisir suhu panas tersebut supaya mesin tidak rusak.

Tapi, kalau kondensornya kotor, maka suhu panas tidak bisa dibuang dengan maksimal. Alhasil, AC mobil gagal mengeluarkan angin dingin. 

8. Hambatan di radiator udara. 

Fungsi radiator sebetulnya tak jauh berbeda dengan kondensor, yaitu membuang suhu panas yang dihasilkan kompresor AC. Nah, jika ada hambatan di radiator, maka akan menyebabkan AC mobil tidak dingin. 

Hambatan yang dimaksud di sini bisa berupa kerusakan atau penumpukan debu dan kotoran. Untuk mengetahui kondisi pastinya, kamu perlu minta bantuan teknisi bengkel untuk membongkar AC mobil. 

9. Kerusakan di fan ekstra. 

Fan ekstra terletak di bagian depan kondensor dan berfungsi untuk mendinginkan freon. Dengan begitu, AC akan mendapatkan pasokan angin tambahan yang membuat AC semakin dingin.

Kalau fan ekstra ini rusak, maka pasokan angin pada AC akan berkurang. Inilah yang akan memicu AC mobil tiba-tiba tidak dingin. 

10. Evaporator tersumbat. 

Terakhir, mungkin saja kerusakan pada AC disebabkan oleh adanya sumbatan di komponen evaporator. Sumbatan ini akan membuat aliran udara dari blower jadi terhambat. 

Sumbatan ini bisa dipicu oleh penumpukan kotoran dan debu. Biasanya, debu ini berasal dari blower yang terhubung langsung dengan evaporator. 

Tips Mengatasi AC Mobil Tidak Dingin. 

Nah, kini kamu sudah tahu apa saja yang membuat AC mobil tidak dingin. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini beberapa tipsnya. 

1. Menjaga kebersihan kabin mobil.

Salah satu cara paling efektif untuk memelihara AC mobil adalah membersihkannya secara berkala. Kamu tidak perlu membongkar komponen AC secara keseluruhan. 

Dengan membersihkan kabin mobil, kamu sudah membantu menjaga kebersihan AC. Sebab, biasanya debu akan masuk ke AC melalui kabin mobil. 

Baca juga: 5 Tempat Cuci Mobil Terdekat di Jakarta yang Buka 24 Jam.

2. Jangan langsung menyalakan AC setelah menyalakan mesin.

Meski sedang kepanasan, hindari menyalakan AC langsung setelah menyalakan mesin mobil. Kondisi ini bisa memberikan tekanan berlebih pada kompresor AC, memaksanya untuk langsung bekerja dengan keras di saat kondisi mesin masih belum panas. 

Karena itu, sebaiknya tunggu beberapa menit setelah mesin menyala, barulah kamu bisa menyalakan AC mobil. 

3. Jangan merokok di dalam mobil.

Percaya atau tidak, ternyata asap rokok juga akan mempengaruhi kondisi AC mobil, loh. Kalau asap rokok terkumpul di dalam mobil, bisa-bisa terpapar juga ke dalam komponen AC. 

Asap rokok ini bahkan bisa tersedot sampai ke dalam evaporator. Ini akan membuat evaporator jadi berlendir dan tidak bisa berfungsi dengan baik. 

Biaya Perbaikan AC Mobil Tidak Dingin. 

Salah satu cara paling efektif untuk memperbaiki kerusakan AC mobil adalah membawanya ke bengkel. Harga servis AC mobil di bengkel bervariasi, tergantung jenis kerusakan yang dialami. Selain itu, jenis mobil juga akan mempengaruhi tarif perbaikannya. 

Umumnya, untuk servis di bengkel umum, biaya perbaikan AC mobil tidak dingin berkisar antara Rp300 ribu sampai dengan Rp1,5 jutaan. Semakin parah kerusakannya, maka biayanya juga akan semakin tinggi. 

Baca juga: Pahami 2 Jenis Asuransi Mobil Ini Sebelum Melakukan Pembelian.

Akhir Kata. 

Jadi, itulah beberapa penyebab AC mobil tidak dingin dan tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi dan memperbaikinya. Kalau kerusakannya parah, kamu perlu mengeluarkan biaya lebih besar untuk memperbaikinya.

Jika ingin terlindungi dari risiko biaya perbaikan mobil yang mahal, kamu bisa mempertimbangkan untuk pakai asuransi kendaraan bermotor. Asuransi ini akan memberikan proteksi untuk kerusakan mobilmu. Nah, kalau kamu butuh informasi tambahan tentang asuransi, kamu bisa kunjungi Blog Sunday, ya!

Sunday mewajibkan penulisnya untuk menggunakan sumber-sumber kredibel di setiap artikel yang diproduksi. Sumber tersebut meliputi penelitian ilmiah, data pemerintah, data internal perusahaan, laporan asli, dan wawancara dengan para ahli di industri terkait. Kami juga mengambil referensi riset dari penerbit terpercaya jika dibutuhkan. 

Artikel ini mengambil referensi dari sumber-sumber berikut.

Share this article
Shareable URL
Artikel Terkait