hero-image

6 Manfaat Asuransi Kesehatan untuk Siasati Dampak ISPA.

Memburuknya kualitas udara di Jabodetabek mengakibatkan kenaikan kasus ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut). Menurut Kementerian Kesehatan, sepanjang 2023, rata-rata terdapat 100 ribu kasus ISPA perbulannya, lalu meningkat menjadi 200 ribu di bulan Agustus 2023. 

Dengan kualitas lingkungan hidup yang semakin memburuk, memiliki asuransi kesehatan adalah hal yang mutlak setelah mengamankan dana darurat. Bahkan, sejatinya memiliki asuransi lebih utama dibandingkan berinvestasi. Hal ini dikarenakan asuransi menjamin manajemen risiko di masa depan, atau dengan kata lain, asuransi membantu kamu untuk mengamankan dana yang kamu punya dari kehilangan. 

Di artikel kali ini, kita akan membahas tentang apa saja manfaat asuransi kesehatan yang wajib kamu ketahui. Let’s get into it!

6 Manfaat Asuransi Kesehatan.

Seperti yang kita tahu, asuransi kesehatan adalah sebuah asuransi yang menjamin penggantian biaya pengobatan kepada tertanggung. Asuransi ini memastikan ketersediaan dana untuk segala keperluan medis, mulai dari kunjungan dokter, pembelian obat, perawatan rawat inap, hingga tindakan bedah jika diperlukan. 

Nantinya, ketika kamu menghadapi situasi penyakit mendadak, biaya pengobatan akan ditanggung oleh perusahaan asuransi sesuai dengan kesepakatan yang tertera dalam kontrak atau biasa disebut polis. 

Terdapat berbagai macam manfaat yang ditawarkan oleh asuransi kesehatan sebagai bentuk perlindungan bagi nasabahnya. Berikut adalah enam manfaat utama yang selalu disertakan dalam premi asuransi kesehatan.

Baca juga:  Apakah Asuransi Adalah Bisnis yang Dibangun Dari Ketakutan?

1. Manfaat rawat inap (Inpatient).

Salah satu manfaat asuransi kesehatan adalah manfaat rawat inap, yang bisa dinikmati oleh peserta asuransi yang membeli asuransi kesehatan tersebut. Fasilitas ini mencakup biaya perawatan di rumah sakit, biaya pemeriksaan laboratorium, biaya persalinan, serta biaya layanan gawat darurat.

2. Manfaat rawat jalan (Outpatient).

Fasilitas lain yang biasanya diberikan kepada pemegang polis asuransi kesehatan adalah perlindungan terhadap biaya pengobatan rawat jalan. Manfaat ini mencakup biaya konsultasi dengan dokter umum atau spesialis, pembelian obat dengan resep dokter, dan biaya perangkat medis yang disarankan oleh dokter. 

3. Manfaat melahirkan (Maternity).

Melalui manfaat ini, penanggung asuransi akan menanggung segala biaya dari proses kehamilan hingga proses persalinan. Layanan yang di-cover oleh asuransi ini termasuk dan tidak terbatas seperti pemeriksaan rutin, biaya persalinan, bahkan bila terjadi keguguran atau pun bayi terlahir dengan disabilitas. 

Kamu perlu membaca dengan teliti terkait peraturan polis yang berlaku sebelum kamu menyetujui untuk membeli polis tersebut. Hal ini dilakukan agar polis yang kamu beli memang sesuai dengan kebutuhan yang harus di-cover oleh asuransi dan tidak menimbulkan kesalahpahaman di akhir.

4. Manfaat kacamata (Glasses). 

Manfaat asuransi yang satu ini berguna bagi kamu yang memiliki masalah dengan pengelihatan. Asuransi akan mengganti semua kebutuhan kacamata kamu mulai dari lensa kacamata hingga bingkai atau frame yang didukung oleh surat pengantar dari dokter mata. Tentunya, besaran dari fasilitas ini sesuai dengan program asuransi yang kamu beli.

5. Manfaat gigi (Dental).

Gigi dan mulut adalah bagian tubuh yang sering kali disepelekan kesehatannya, padahal, keduanya sangat penting untuk dirawat. Dengan membeli asuransi kesehatan yang sesuai, kamu bisa mendapatkan biaya pengganti untuk pengobatan perawatan gigi dasar, perawatan gusi, perawatan gigi kompleks, perbaikan gigi asli serta gigi palsu pada perawatan gigi yang kamu lakukan. 

Baca juga:  Apakah Asuransi Adalah Bisnis yang Dibangun Dari Ketakutan?

6. Manfaat general check-up.

Selain enam manfaat di atas, asuransi juga menawarkan penggantian biaya pemeriksaan kesehatan secara umum sesuai dengan jenis program yang diambil oleh tertanggung dan dijamin dalam polis.

Biasanya, general check-up meliputi pemeriksaan atas keluhan medis yang kamu alami, riwayat penyakit, riwayat pengobatan, serta gaya hidup yang kamu jalani. Selanjutnya, proses dilanjutkan dengan pemeriksaan kondisi jantung, tekanan darah, suhu tubuh, detak jantung, dan laju pernafasan. 

Perlu diketahui bahwa umumnya, kriteria nasabah asuransi yang bisa dijamin oleh polis adalah minimal berusia 15 hari dan maksimal 60 tahun. Nasabah yang sudah didaftarkan di asuransi kesehatan akan ditanggung oleh penyedia asuransi secara berkelanjutan hingga tertanggung mencapai usia maksimal, yaitu 70 tahun, asalkan sebelumnya tidak pernah membatalkan polis yang sudah dibeli. 

3 Keuntungan Memiliki Asuransi Kesehatan.

Setelah mengetahui manfat-manfaat dari asuransi kesehatan, ada baiknya jika kamu juga mengetahui keuntungan-keuntungan apa saja yang bisa kamu dapatkan jika membeli polis asuransi kesehatan. Check this out!

1. Jaminan pembiayaan kesehatan.

Memiliki asuransi kesehatan artinya kamu telah terjamin aman saat tiba-tiba saja kamu sakit dan membutuhkan perawatan kesehatan, baik itu rawat jalan maupun rawat inap sesuai dengan polis yang kamu beli. Bahkan jika asuransi yang kamu beli memiliki fasilitas cashless, kamu tidak perlu membayar biaya jaminan untuk rumah sakit saat kamu menjalani pengobatan.

2. Akses ke fasilitas kesehatan yang terbaik. 

Biasanya, penyedia asuransi telah memiliki rumah sakit rekanan yang tersebar di berbagai wilayah, yang tentunya bisa kamu tuju sewaktu-waktu jika keadaan darurat terjadi. Kamu bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang terbaik termasuk jenis perawatan dan dokter yang menangani.

Baca juga:  Apakah Asuransi Adalah Bisnis yang Dibangun Dari Ketakutan?

3. Bebas hutang.

Selain mendapatkan akses fasilitas yang terbaik, membeli asuransi kesehatan juga berarti menyerahkan tanggung jawab pembiayaan kepada penyedia asuransi sesuai dengan polis yang disetujui. Maknanya, saat hal di luar dugaan terjadi, kamu bisa merasa tenang karena biayaan pengobatan dan perawatan bukan menjadi beban untukmu, melainkan tanggung jawab penyedia asuransi. Sehingga kamu tidak perlu pontang-panting mencari pinjaman untuk pelayanan kesehatan yang kamu butuhkan.

Akhir Kata.

Membeli asuransi kesehatan merupakan tindakan bijaksana yang sebaiknya dilakukan ketika kamu masih dalam keadaan sehat, apalagi menghadapi masa depan yang tidak pasti.

Dengan membayar premi secara berkala, kamu bisa menghindari beban finansial yang besar saat menghadapi masalah kesehatan yang memerlukan pengeluaran besar. Dengan begitu, kamu akan menyadari bahwa manfaat yang diterima dari asuransi kesehatan jauh melebihi nilai premi yang sudah kamu bayarkan.

Nah, itu dia manfaat asuransi kesehatan yang perlu kamu ketahui. Semoga artikel ini bisa membuat kamu selangkah lebih kenal dengan asuransi kesehatan. Tetap sehat dan sampai juga di artikel selanjutnya!