hero-image

Apakah Asuransi Adalah Bisnis yang Dibangun Dari Ketakutan?

Kalau kita bicara tentang asuransi, sebenarnya asuransi itu bisnis apa ya? Sempat ada perbincangan sana-sini bahwa asuransi merupakan bisnis yang dibangun dari ketakutan masyarakat akan sesuatu yang belum kejadian. Seperti perbincangan di Fobes.com:

“When It Comes To Insurance, Fear Is Temporary”

Forbes.com

yang membahas mengenai apakah benar industri asuransi dibangun dari ketakutan masyarakat.  

Sebenarnya, asuransi bisa dikatakan menjadi bisnis yang dapat lebih mempersiapkan kita untuk menjalani hidup kedepannya dan untuk melindungi diri dan barang berharga kamu dari hal yang tidak terduga.

Selama ribuan tahun, rasa takut telah menjadi bagian dari kehidupan kita dan sangat penting bagi kelangsungan hidup kita sebagai manusia. Rasa takut dapat membuat kita aman dari bahaya, tetapi juga dapat mencegah kita mengalami banyak hal atau peristiwa indah lainnya.  Kita harus menerima kenyataan dan memutuskan untuk tidak membiarkan rasa takut menghalangi kebahagiaan kita. 

Dengan kata lain, persiapan yang ekstensif diperlukan agar kita dapat menjalani kehidupan tanpa khawatir dengan apa yang akan datang. Kita dapat mencurahkan waktu untuk memilih dan mempersiapkan asuransi yang cocok untuk kebutuhan kita. So, we are always prepared! Dan jangan sampai kita menyesal karena salah memilih ya~

Sebagai contoh, kesehatan, anggota keluarga, rumah, dan kendaraan kita mungkin merupakan empat aspek terpenting dalam hidup kita. Lalu, apabila terjadi sesuatu di masa depan gimana sih cara kita bisa melindungi hal-hal berharga ini? Tentu salah satu  jawabannya adalah asuransi. 

Memiliki asuransi kesehatan bisa mengurangi rasa takut kita akan masalah medis yang bisa dibilang mahal. Asuransi jiwa juga bisa mengurangi kekhawatiran secara finansial setelah kita pergi dari bumi ini. Jika salah satu dari peristiwa ini terjadi, kemungkinan besar kita tidak akan menyesal karena kita tahu bahwa semuanya beres. Ingat ya teman-teman, kalau ada asuransi rasa takut hanya sementara kok

Ini semua berhubungan dengan finansial masa depan kita. Perusahaan asuransi memberikan lebih dari sekadar perlindungan; mereka juga memberikan jaminan dan kenyamanan karena tidak perlu khawatir tentang hal yang tidak diketahui kedepannya. Banyak orang akan berpendapat bahwa mereka tidak menyukai anuitas yang dijual oleh perusahaan asuransi. Namun, suka tidak suka, kalau  kamu  pernah bekerja, kamu pasti  memiliki anuitas atau sering disebut “Jaminan Sosial”.

Dengan begitu banyak jenis anuitas  yang tersedia, memilih yang tepat untuk kamu sebenarnya lebih memikirkan apakah anuitas itu memenuhi kebutuhan kamu dan apakah akan membantumu mencapai tujuanmu nantinya saat pensiun. Anuitas bukanlah satu untuk semua, dikarenakan kadang kita bisa memilih sesuatu yang kurang tepat untuk kebutuhan kita.

Jika kamu menghargai “pendapatan” ini, it’s time to do your homework untuk memastikan kamu mendapatkan apa yang kamu butuhkan sehingga kamu tidak menyesal di kemudian hari. Anuitas  adalah kontrak antara dirimu dan perusahaan asuransi yang menawarkan aliran pendapatan terjamin berdasarkan jumlah yang kamu masukkan ke dalam anuitas dan saat kamu  memutuskan untuk mulai mengambil uang tersebut.

Dengan begitu banyak perusahaan asuransi yang menawarkan anuitas pendapatan, banyak-banyak melakukan penelitian ya untuk menentukan mana yang tepat untukmu. Beberapa dirancang untuk mulai menghasilkan uang segera, dalam jangka waktu yang singkat. Sementara yang lain ada yang dirancang untuk mulai menghasilkan uang dalam waktu 1 hingga 5 tahun. Memilih yang tepat akan mengurangi ketakutan akan kehabisan uang serta penyesalan yang mungkin kamu rasakan jika kamu tidak merencanakan penghasilanmu dengan baik.

Pada akhirnya, kita harus melakukan yang terbaik untuk kita dan juga keluarga. Asuransi memainkan peran penting dalam kehidupan. Asuransi sekali lagi dapat mengurangi rasa takut tidak siap untuk hal yang tidak terduga. Bersyukurlah karena ada kesempatan untuk melindungi keluarga, rumah, kendaraan, kesehatan, dan tabungan kita. Keputusan yang kamu buat sekarang dapat membantu mengurangi rasa takut yang tidak perlu itu dan mencegah penyesalan di masa depan.

Jadi, apakah asuransi bisnis “menakutkan” atau bisnis yang “menolong” kita?